DPRD DKI Ingatkan Pemprov Soal Penyaluran Bansos Uang Tunai

Irene

DPRD DKI Ingatkan Pemprov Soal Penyaluran Bansos Uang Tunai

Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta, Mujiyono meminta agar Pemprov DKI Jakarta mulai memperbaiki data terkait pemberian bansos uang tunai kepada masyarakat pada tahun 2021.

Dia juga mengimbau agar Pemprov DKI dapat mengakomodasi warga yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) yang belum masuk dalam daftar penerima.

“Memutuskan secara tegas penerima harus bankable buka rekening Bank DKI atau bank negara yang lain) dengan syarat buka rekening yang lunak dan setoran awal terjangkau Rp50 ribu maksimal,” kata Mujiyono dalam keterangan tertulis, Selasa (22/12).

Lalu, dia juga menyarankan agar tidak terjadi antrean panjang bila pendistribusian bansos lewat kantor Pos. Sebab hal tersebut dapat berpotensi membuat kerumunan saat pandemi.

“Pengawasan harus diperketat baik eksekutif legislatif dan dibantu gugus tugas covid RT RW yang sudah terbentuk diseluruh Jakarta. Agar enam bulan rencana pelaksanaannya menjadi baik dan lancar dan diterima tepat waktu oleh masyarakat,” jelasnya.

Pemerintah Provinsi DKI sepakat mengganti bantuan sosial atau Bansos kebutuhan pangan diganti menjadi bantuan tunai. Nilai bantuan tunai sebesar Rp 300 ribu.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan kesepakatan itu diambil saat Pemprov DKI melakukan rapat bersama Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendi.

“Kami, Pak Gubernur, sepakat bansos 2021 dalam bentuk sosial tunai,” ucap Riza di Balai Kota, Kamis (17/12/2020).

Bantuan yang akan dimulai pada Januari hingga Juni 2021 akan ditransfer melalui Bank DKI atau PT Pos Indonesia.

Reporter: Ika Defianti
Sumber: Liputan6.com [eko]

Next Post

Pemanggilan Calon Menteri Menyesuaikan Waktu Presiden Jokowi

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono memastikan, agenda Presiden Joko Widodo hari ini adalah giat rutin. Menurut dia, rencana pemanggilan calon menteri baru hari ini masih belum dapat dipastikan. “Agenda rutin saja. Belum ada jadwal untuk calon menteri (pemanggilan),” kata Heru saat dikonfirmasi, Selasa (22/12). Heru menambahkan, pemanggilan calon menteri […]