Breaking News in Indonesia

Ditutup Akibat Pandemi dan Operasi Tinombala, Danau Tambing akan Berbenah

Ditutup Akibat Pandemi dan Operasi Tinombala, Danau Tambing akan Berbenah

Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) sebagai pengelola obyek wisata Danau Tambing selama masa penutupan karena Covid-19 dan operasi Tinombala mulai membenahi prasarana dan fasilitas penunjang sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan dan perolehan devisa negara.

Kepala Balai Besar TNLL Jusman mengatakan selama ditutup, pihaknya memanfaatkan kesempatan itu untuk membangun beberapa sarana dan fasilitas pendukung dalam dan sekitar obyek wisata.

“Fasilitas penunjang yang dibenahi antara lain membangun jalan menuju titik-titik untuk pengamatan flora dan fauna yang ada di sekitar obyek wisata,” kata dia dilansir Antara, Senin (15/2).

Juga bekerja sama dengan pihak PT Telkomsel membangun tower telekomunikasi di lokasi obyek wisata Danau Tambing guna memudahkan berkomunikasi dan berkoordinasi dengan semua pihak terkait. Rencananya, kata Jusman, akan dipasang CCTV di beberapa titik dalam lokasi obyek wisata tersebut.

Pembangunan tower oleh PT Telkomsel, kata dia sudah selesai dan telah beroperasi. Sejak tiga hari terakhir ini, sudah bisa menelepon dan menerima pesan sms maupun whatsapp.

Dengan adanya fasilitas dimaksud, tentu akan semakin banyak wisatawan berkunjung ke lokasi ekowisata yang terletak di Desa Sedoa, Kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso.

Obyek wisata Danau Tambing berada di atas ketinggian 1.700 mpdl dengan suhu udara cukup dingin sehingga pengunjung yang datang ke tempat itu harus dilengkapi perlengkapan dibutuhkan seperti jaket dan selimut jika hendak bermalam di lokasi.

Jusman mengatakan sejak Desember 2020,lokasi itu ditutup karena selain untuk memutuskan rantai penyebaran Covid-19, juga mendukung operasi Tinombala oleh TNI/Polri untuk mengejar para teroris mujahidin Indonesia Timur (MIT).

Hingga kini, masih ditutup bagi pengunjung,tetapi dalam waktu dekat sudah akan dibuka kembali bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Obyek wisata Danau Tambing paling banyak diminati baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Berbagai kegiatan yang dapat dilakukan di lokasi antara lain outbound training,berkemah, memancing, pengamatan burung.tracking dan mendaki gunung. Untuk masuk ke lokasi, pengunjung wajib membeli tiket dan mengikuti protokol kesehatan COVID-19.

Tarif tiket untuk warga negara Indonesia (WNI) Rp5.000/orang per hari dan wisatawan mancanegara Rp150.000/orang per hari. Tarif tiket khusus pelajar/mahasiswa minimal 10 orang dikenakan biaya masuk Rp3.000/orang per hari.

Lokasi obyek wisata Danau Tambing cukup mudah ditempuh karena terletak dekat dengan ruas jalan Palu-Napu. Dari Kota Palu hanya butuh waktu tiga jam sudah sampai di lokasi menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat menyusuri jalan beraspal di sisi kiri dan kanan memasuki kawasan hutan lindung TNLL. [eko]