Ditjen PAS: 124 Penghuni Lapas & Rutan Terkonfirmasi Positif Covid-19

Irene

Ditjen PAS: 124 Penghuni Lapas & Rutan Terkonfirmasi Positif Covid-19

Direktorat Jendral Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Ditjen Pas Kemenkumham) mengungkap ada ratusan penghuni lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan di Indonesia yang terkonfirmasi virus Corona Covid-19.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen Pas Kemenkumham Rika Aprianti mengatakan, ratusan narapidana dan tahanan terinfeksi Covid-19 lantaran adanya interaksi dengan petugas atau sipir.

“Saat ini jumlah penghuni lapas dan rutan yang terkonfirmasi positif adalah 124 orang,” ujar Rika saat dikonfirmasi, Senin (5/10).

Rika menerangkan narapidana dan tahanan yang terkonfirmasi positif dirawat di rumah sakit rujukan sesuai provinsi masing-masing. Menurut Rika, setiap kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM masing-masing memiliki gugus tugas.

“Di masing-masing wilayah juga ada gugus tugas khusus Kemenkumham juga, dan Ditjen Pas juga ada,” kata dia.

Menurut Rika, para narapidana dan tahanan yang terkonfirmasi positif Covid-19 langsung dibawa ke rumah sakit khusus Covid-19 terdekat untuk dilakukan isolasi.

“Karena di lapas enggak ada rumah sakit khusus Covid-19,” ucap Rika.

Reporter: Fachrur Rozie
Sumber : Liputan6.com [rhm]

Next Post

VIDEO: Tokoh Masyarakat Jadi Ujung Tombak Hentikan Penyebaran Covid-19

Perubahan perilaku merupakan ujung tombak untuk menghentikan penyebaran Covid-19. Namun, hal itu dirasa sulit diaplikasikan karena karakteristik masyarakat Indonesia berbeda-beda antara satu wilayah dengan lainnya. Role model, seperti tokoh agama, tokoh masyarakat, maupun selebritas dinilai mampu menjadi acuan perubahan perilaku masyarakat. Jika tidak didahului oleh tokoh-tokoh tersebut, maka masyarakat pun […]