Breaking News in Indonesia

Dini Mitasari, Prajurit TNI AD Bela Negara Lewat Olah Raga

Sertu (K) Dini Mitasari (27) mengoleksi segudang prestasi membanggakan di bidang olahraga Sepak Takraw. Prajurit Kodam IV Diponegoro itu bangga berbagi cerita hidupnya. Hobi yang digelutinya menjadi awal peluang karir penting dalam perjalanan hidupnya.

Banyaknya medali yang dikoleksinya mengantarkan Dini mendapat tawaran bergabung di TNI Angkatan Darat melalui jalur prestasi. Saat itu dia sedang menjalani studi di Fakultas Ilmu Keolahragaan Jurusan Kependidikan Kepelatihan Olahraga Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Dia masih ingat betul saat pertama kali mendapat tawaran untuk bergabung dengan TNI AD. Namun saat itu Dini belum berminat. Hingga akhirnya, tawaran datang untuk kedua kalinya. Berkat prestasi yang diraihnya.

“Saya dulu ditawari gabung TNI AD tahun 2010, tapi saya belum minat. Pernah daftar CPNS di Kemenpora tapi tidak masuk. Lalu setelah kompetisi Sea Games 2014 di Korea dapat perunggu. Tahun 2015 dapat lagi tawaran itu, lalu saya terima,” kata Dini yang sedang jalani pemusatan latihan di Jepara, Jumat (16/4).

©2021

Tidak lama setelah bergabung dengan TNI AD, Dini pindah tugas ke Mabes TNI. Tugasnya sebagai anggota TNI tidak menghalangi tugas lainnya untuk membela negara melalui olahraga. Dia meraih juara 1 dunia Word Cup di Thailand dan Sea Games di Malaysia. Berkat raihan juara, dia mendapat kenaikan pangkat lebih awal.

“Syukur tahun pada tahun 2018 dapat kenaikan pangkat lebih awal dari Serda ke Sertu. Selain itu ditawari pindah tugas di Kodam Diponegoro, syukur dekat dengan keluarga,” ujarnya.

Meski di tengah masa pandemi covid-19, Dini tetap diizinkan untuk latihan rutin bersama timnya. Dini mempersiapkan diri untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) pada Oktober 2021 di Papua.

©2021

“Saya bagi waktu kerja sama pelatnas. Pimpinan saya mengizinkan kalau ada panggilan pelatnas, justru komandan senang kalau anggotanya bela negara lewat olahraga,” ungkapnya.

Anggota Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) kelahiran Jepara 13 Januari 1994 menuturkan, menjadi atlet tidak akan lama seiring bertambahnya usia. Namun, ke depan dia ingin menjadi pelatih olahraga yang digemarinya.

“Ya mungkin inginnya nanti jadi pelatih cari bibit atlet yang muda. Tidak mungkin terus atlet karena faktor umur,” tutup dia.

Berikut daftar prestasiDini Mitasari:

2007

Kejuaraan Dunia word cup di Thailand juara 3

2008

Kejuaraan indoor di China juara 3

PON Kaltim juara 2

2009

Kejuaraan Dunia word Cup di Thailand juara 3

Sea Games di Laos juara 3

2010

Kejuaraan Dunia word Cup di Thailand juara 3

Asian Games di Guangzhou China juara 3

Vietnam Cup di Vietnam juara 2

2011

Kejuaraan Dunia word Cup di Thailand juara 2

Sea Games di Indonesia juara 2

Super series Malaysia juara 2

2012

PON Riau juara 1

2013

Sea Games di Myanmar juara 3

Kejuaraan Dunia word Cup di Thailand juara 2

2014

Asian Games Korea Juara 3

Super series Korea juara 2

Kejuaraan Dunia word Cup di Thailand juara 2

Asian beach Games di Phuket Thailand juara 2

2015

Sea games di Singapore

2016

Kejuaraan Dunia word Cup di Thailand juara 1

PON Jabar juara 2

2017

Sea Games Malaysia juara 2

Kejuaraan word Cup Malaysia juara 1

2018

Asian Games di Indonesia juara 3

Word cup di China juara 1

Kejuaraan Dunia word Cup di Thailand juara 2

2019

Sea Games philipina juara 2

Kejuaraan Dunia word Cup di Thailand juara 1 [noe]