Breaking News in Indonesia

Di Kota Jayapura Papua, Salat Id Hanya Digelar di Masjid

Pemerintah Kota Jayapura, Papua memutuskan tidak memberikan izin Salat Idulfitri 1442 H digelar di Lapangan, melainkan hanya boleh dilaksanakan di masjid setempat. Hal itu untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Kepala Kantor Departemen Agama Kota Jayapura, Abdul Hafid Yusuf, seperti dikutip Antara, mengakui keputusan itu diambil setelah forkopimda yang dipimpin Wali Kota Jayapura menggelar rapat dan memutuskan hal itu.

“Keputusan salat Idul Fitri hanya di masjid dan bukan di lapangan itu diambil guna menghentikan penyebaran virus Covid-19 di Kota Jayapura,” katanya, Kamis (13/5).

Abdul Hafid Yusuf menambahkan tercatat 197 masjid dan musala dan sebagian besar menggelar salat Idul Fitri 1442 Hijriah.

Sementara itu pengurus Masjid Al Mukminin Polda Papua ustaz H Mustaim secara terpisah mengaku pelaksanaan salat id tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 di mana ada petugas yang memeriksa suhu badan dan menyemprotkan cairan pembersih tangan.

Petugas yang menjadi panitia sudah siap sehingga diharapkan salat id yang dilaksanakan di Masjid Al Mukminin sesuai protokol kesehatan.

“Karena daya tampung masjid terbatas maka jemaah diizinkan salat id di lapangan apel Mapolda Papua yang berada di samping masjid,” katanya. [rhm]