Demo Penolakan UU Cipta Kerja Akibat Minim Informasi

Irene

Demo Penolakan UU Cipta Kerja Akibat Minim Informasi

Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan, Dita Indahsari menilai aksi demonstrasi menolak Undang-Undang Cipta Kerja terjadi karena adanya distorsi ekonomi. Banyak poin-poin dalam undang-undang tersebut yang diinformasikan keliru sehingga menyulutkan orang-orang turun ke jalan.

“Demo serikat pekerja yang bergelombang ini kan beberapa sebabnya karena distorsi ekonomi,” kata Dita dalam Webinar bertajuk UU Cipta Kerja dan Dampaknya Bagi Kepentingan Publik, Jakarta, Rabu (14/10).

Dita menegaskan banyak informasi beredar di masyarakat yang tidak sesuai dengan isi undang-undang yang baru disahkan pada 5 Oktober 2020 lalu. Dia pun mengaku sempat dibuat kesal dengan isu yang beredar dan membuat ingin ikut turun ke jalan.

Setelah mengecek langsung isi undang-undang tersebut, dita menyebut banyak informasi keliru. Sayangnya, tidak semua orang bisa mendapatkan akses yang sama untuk memeriksa kebenarannya. Hal ini lah yang ternyata menyulutkan emosi di masyarakat.

“Kebetulan kita memiliki info cukup dan menyeleksi informasi yang masuk. Tapi akses itu belum tentu dimiliki orang lain,” kata dia.

Maka tak heran banyak serikat pekerja yang ikut aksi demonstrasi beberapa hari yang lalu hanya ikut-ikutan. Ikut turun ke jalan semata karena solidaritas. Meski begitu, dia meyakini para pekerja yang tergabung dalam serikat tidak bermaksud melakukan aksi unjuk rasa yang diakhiri dengan tindakan anarkis.

“Serikat pekerja ini banyak yang ikut-ikutan atau karena solidaritas di kalangan mereka dan itu hal biasa saja, yang penting bukan anarkis. Kalau dari serikat pekerja itu tidak ke sana arahnya,” tutur Dita. [azz]

Next Post

Moonstake raises $1.04 Million - accelerating connection from staking to DeFi

SINGAPORE, Oct 14, 2020 – (ACN Newswire) – Moonstake today announced that it has successfully closed its seed round funding and has raised over $1.04 Million (approximately JPY 110 Million). Partnerships with more than 10 public blockchains such as Emurgo (one of Cardano’s constituent corporations) and advanced products centered on […]