Dari Ekstrakurikuler Hingga Tembus Final FKL 2020, Begini Profil Smagz Studio

Irene

Dari Ekstrakurikuler Hingga Tembus Final FKL 2020, Begini Profil Smagz Studio

Pernah tidak punya pikiran saat sedang sekolah ingin mengembangkan hobi yang digeluti dalam ekstrakurikuler, kelak bisa ditekuni sebagai pekerjaan profesional? Nyatanya, ada yang sukses mewujudkannya, yaitu Smagz Studio.

Peserta Festival Kreatif Lokal (FKL) 2020 tersebut punya keunikan dalam bidang usaha, beserta latar belakangnya. Tak heran, jika juri pun kepincut hingga mendapuk Smagz Studio sebagai satu dari 18 finalis di Festival Kreatif Lokal 2020. Cek profil selengkapnya finalis dari kategori fotografi di Festival Kreatif Lokal 2020 berikut ini.

Punya Dua Kegiatan Usaha

Smagz Studio didirikan sejak 4 tahun terakhir, sementara dengan tim yang sama juga ada usaha fotografi bernama Fireworks Photography yang sudah berdiri selama 10 tahun. Kedua usaha kreatif tersebut didirikan oleh Cecep Cahyana (Cero) asal Bandung.

Bukan tanpa alasan kenapa Cero memilih kedua nama tersebut. Kata “Firework” dipilih untuk mengambil filosofi kembang api yang bercahaya. Sementara Smagz merupakan nama komunitas mereka sejak awal. Uniknya usaha Cero berlangsung melalui ekstrakurikuler, komunitas, hingga berkembang sesukses sekarang.

Ingin Berdayakan Anggota Komunitas

Adapun motivasi Cero mendirikan usaha ini untuk memberdayakan dan membantu para anggota komunitas di dalamnya. Termasuk dengan menjadikan mereka sebagai karyawan tetap maupun freelance, sehingga dapat memanfaatkan potensi mereka di bidang yang digeluti saat ini, yaitu satu paket (fotografi, videografi, dan desain grafis).

Dampak yang Diberikan Kepada Masyarakat

Bukan saja sukses berbisnis, Smagz Studio dan Firework Photography juga memberikan dampak nyata bagi lingkungan di sekitarnya. Di antaranya mereka mampu memberdayakan masyarakat sekitar sebagai karyawan sebanyak 13 orang. Untuk menggaji para pegawainya, usaha ini menggelontorkan dana sebesar Rp25.000.000,- s/d Rp100.000.000,-/tahun.

Meski usaha mereka terkena imbas pandemi, tetapi Cero berharap tetap survive dan membuat inovasi baru, agar dapat menjadi pendapatan baru sehingga tidak perlu memberhentikan karyawan yang sudah ada. Sementara dengan ikut Festival Kreatif Lokal 2020, usaha ini berharap bisa mendapatkan banyak dampak positif. Kamu bisa cek usaha mereka di akun instagram @studiosmagz.

Festival Kreatif Lokal 2020 adalah kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Adira Finance bekerjasama dengan Kemenparekraf RI bertemakan #BangkitBersamaSahabat yang diadakan mulai Agustus 2020 hingga Januari 2021 mendatang. Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan Adira Finance terhadap program Kemenparekraf RI #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia. [tmi]

Next Post

Kamala Harris, Anak Imigran Jamaika jadi Wapres Wanita Kulit Hitam Pertama di AS

Joe Biden menjadi pemenang di Pilpres AS 2020 mengalahkan petahana Donald Trump. Negeri Paman Sam akan memiliki wakil presiden perempuan kulit hitam dan berdarah Asia pertama dalam sejarah. Kamala Harris lahir dari ibu berdarah India, akan menjadi Wakil Presiden AS ke-49, demikian seperti dikutip dari CNN, Sabtu (7/11). “Harris akan […]