Jakarta () – Saat sahur sebagian orang memilih untuk menyantap hidangan yang sederhana dan tidak terlalu berat, namun tetap mengenyangkan.

Makan sahur sangatlah penting untuk orang yang akan menjalankan ibadah puasa. Sebab ini akan memberikan energi sepanjang hari dan menjaga stamina.

Akan tetapi, bangun sahur memiliki tantangan tersendiri dan sedikit yang telat. Oleh karenanya, membuat makanan yang sederhana, praktis, tidak memakan banyak waktu dan mengenyangkan harus menjadi pertimbangan.

Salah satu makanan yang mudah dibuat adalah sup krim ayam jagung ala Chef Devina Hermawan. Pembuatan supnya tidak memakan waktu yang lama, yakni cukup 10 menit saja.

Berikut adalah bahan yang harus Anda siapkan dan proses pembuatannya seperti dikutip dari kanal YouTube Chef Devina Hermawan pada Senin.

Bahan marinasi:
250 gr dada ayam filet
2 siung bawang putih
1/2 std mix herbs (opsional)
1 sdt mustar (opsional)
1 sdt garam
1/2 sdm gula
1 sdt kaldu bubuk
1/4 sdt merica
Jeruk nipis

Bahan sup:
1 buah bawang bombai dicincang
3 sdm salted butter
3-4 sdm terigu protein sedang
750 ml air
2 batang seledri (opsional)
1 cup jagung pipil
1 sdt kaldu ayam bubuk
133 gr Anchor cooking cream

Pelengkap:
Roti soft baguette

Cara membuat:
Marinasi

1. Keringkan ayam tisu lalu iris tipis, kemudian pindahkan ke dalam mangkuk. Sebisa mungkin ayam tidak dalam keadaan beku.

2. Marinasi dengan garam, kaldu bubuk, gula, merica, bawang putih yang telah dihaluskan, sedikit perasan jeruk nipis, mustard dan mixed herbs. Aduk hingga semuanya tercampur rata.

Sup
1. Panaskan sedikit minyak, kemudian masukkan ayam yang telah dimarinasi hingga sedikit kecokelatan. Setelah itu, angkat, tiriskan dan potong-potong.

2. Di wajan yang sama, tumis bawang bombai hingga wangi. Aduk rata, lalu masukkan salted butter dan tepung terigu.

3. Masukkan air, aduk rata lalu masukkan ayam yang sudah dipotong, jagung, seledri dan kaldu ayam bubuk. Aduk kembali hingga semuanya tercampur.

4. Tambahkan Anchor cooking cream dan masak sebentar.

Sup krim ayam jagung pun siap disajikan untuk santap sahur. Sup ini pas untuk porsi keluarga yakni sekitar 5-6 porsi. Anda bisa memakannya bersama dengan roti soft baguette.

Baca juga: Menu Ramadhan – sup krim tomat

Baca juga: Resep sayap ayam goreng dengan oseng bawang

Baca juga: Resep sajian Ramadhan: Ikan salmon saus woku belanga khas Manado

 

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © 2022