Breaking News in Indonesia

Contoh Negara Eropa, Menkes Minta Vaksinasi Digenjot Mobilitas Dibatasi

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, kombinasi program vaksinasi dan pembatasan mobilitas warga akan efektif menekan penularan Covid-19. Dia mencontohkan apa yang terjadi di negara Eropa.

“Dari seluruh negara Eropa, ada dua tipe negara yang tidak mengalami lonjakan kasus lagi. Pertama (cakupan) vaksinasinya tinggi, bisa 30 sampai 40 persen dari total populasi,” katanya rilis survei Charta Politika Indonesia dengan tajuk ‘Evaluasi Kebijakan, Aktivitas Masyarakat dan Peta Politik Triwulan 2021’, dikutip dari Antara, Senin (29/3).

Menurut Budi, laju penularan Covid-19 di Inggris yang mobilitas penduduknya tergolong tinggi, tidak setinggi di negara Eropa yang lain seperti Jerman dan Prancis karena cakupan vaksinasinya juga tinggi.

Selain itu, ia melanjutkan, pembatasan mobilitas warga yang diterapkan di negara Eropa seperti Spanyol juga berhasil menahan laju penularan Covid-19.

“Contohnya kali ini adalah Spanyol. Kasusnya tidak terlalu parah, karena ketat mobilitasnya,” kata Budi.

Oleh karena itu, Budi meminta para kepala daerah membatasi mobilitas warganya dengan menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) atau pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sambil menjalankan vaksinasi.

“Saya minta dua kombinasi itu, vaksinasi dan mobilitas bagi warganya. Disabar-sabarin dulu, supaya tidak terjadi lonjakan lagi,” katanya. [rnd]