Jakarta () – Arief Muhammad dikenal sebagai sosok pesohor dan juga pebisnis yang dikenal sukses memenuhi impiannya untuk mapan secara finansial.

Namun di balik kemapanan yang kini diraihnya, Arief Muhammad rupanya mengalami jatuh bangun pengaturan keuangan yang kini bisa anda contek sehingga anda tak sulit memahami cara kerja pengaturan keuangan.

Salah satu cara Arief Muhammad untuk bisa mencapai kemapanan finansialnya adalah dengan menyiapkan pos tabungan setelah mendapatkan pemasukkan.

"Dulu pertama jadi influencer dan belum punya penghasilan yang tetap, begitu punya uang pasti langsung dihabiskan, sampai tidak punya tabungan. Saya juga pernah sampai harus berjualan pulsa dan sate untuk mendapatkan uang karena keadaan ekonomi,” cerita Arief seperti dikutip dari siaran pers Bank Jago, Jumat.

Meski tidak mudah menahan diri dari godaan, pada akhirnya Arief berhasil mencapai mimpi karena disiplin dan konsistensi. Keduanya menjadi bagian penting dalam perjalanan meraih
mimpi yang diinginkan.

Tidak perlu menyisihkan uang dalam jumlah besar untuk menabung jika dana anda terbatas, meski berjumlah sedikit namun dilakukan secara rutin itu artinya anda telah mempermudah jalan anda untuk mewujudkan mimpi.

Cara lain yang diterapkan Arief Muhammad untuk mencapai kemapanan finansial dan mimpinya adalah dengan tidak menjadikan kesenangan pribadi atau gaya hidup menjadi prioritas.

Menurut pria yang sempat terkenal berkat moniker-nya @poconggg, cara ini efektif untuk orang- orang yang baru memulai usaha atau merintis kebiasaan pengaturan keuangan.

"Lupakan dulu budget buat senang-senang. Lebih baik prioritas menggapai mimpi dan bayar semua tagihan rutin. Kalau usaha sudah kelihatan hasilnya, maka bisa mulai kita nikmati," katanya.

Selanjutnya, ia pun menyebutkan untuk pengaturan keuangan pribadi dan kebutuhan bisnis ada baiknya dipisah.

Dengan demikian, pengaturan keuangan harian hingga bulanan bisa berjalan lancar tanpa saling mengganggu.

"Ini karena uang hasil usaha perlu diputar lagi, bukan untuk dinikmati secara pribadi," ujar Arief.

Dengan banyaknya pilihan aplikasi digital untuk keuangan saat ini, tentunya akan lebih mudah untuk melakukan pengaturan keuangan untuk itu manfaatkan layanan teknologi itu sebaik- baiknya sehingga mimpi anda segera terwujud.

Baca juga: Masih berlanjut, influencer gelar "ikoy-ikoyan"

Baca juga: Arief "Poconggg" Muhammad gabung Baso Aci Akang

Baca juga: Arief "Poconggg" Muhammad setuju KPI awasi Youtuber

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © 2022