Jakarta () – Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, Gerakan Untuk Indonesia, serta Seroja Bake mengadakan penggalangan dana untuk para korban bencana erupsi Gunung Semeru.

Gerakan dipimpin oleh Chef Ragil Imam Wibowo dari Nusa Gastronomi Indonesia melalui beberapa kegiatan, lain makan siang prasmanan, makan malam resmi, dan pengiriman bingkisan kuliner yang dilaksanakan dari 23-30 Desember 2021.

"Kami menggunakan bahan-bahan makanan terbaik dari Kepulauan Nus, minim limbah dan memakai kemasan ramah lingkungan," kata Chef Ragil dalam siaran pers pada Senin.

Bingkisan kuliner yang dipesan para donatur untuk penggalangan dana Semeru, terdiri dari rantang bambu yang berisi gulai ayam atau bebek berbumbu andaliman, singkong tumbuk, sambal tuktuk khas Sumatera Utara, garam Kusamba Bali, nasi jagung dan nasi adan krayan Kalimantan.

Kudapan penutupnya berupa kue kering spekulas berbahan sagu, bolu singkong Jawa Barat, dan kue kering coklat andaliman.

Sedangkan minuman yang dapat diseduh pemesan adalah teh andaliman dan kopi hutan lestari Latimojong sumbangan dari Koperasi Klasik Beans.

Seroja Bake yang didirikan pada 2019 oleh generasi milenial, Faza Chu dan Anne Mutiara adalah took roti khas Nus dengan misi mempopulerkan bahan baku dan keragaman lokal yang lebih berkelanjutan.

Bolu singkong dalam bingkisan merupakan hasil kerja sama Seroja dengan Kampung Adat Cirendeu untuk memanen singkong dan mengolahnya menjadi ragam olahan produk roti modern.

Koordinator gerakan Untuk Indonesia Dindin Mediana mengatakan hingga saat ini jumlah donasi yang didapat masih dalam proses penghitungan.

"Nanti segera diinformasikan," kata dia.

Gerakan Untuk Indonesia dimulai sejak pandemi COVID-19 merebak di tahun 2020 dengan menghimpun bantuan "in kind & in cash" serta distribusi makanan dan minuman untuk tenaga medis maupun relawan di garda terdepan. Selain pandemi, Untuk Indonesia juga aktif dalam kegiatan sosial lainnya, termasuk bencana alam.

Baca juga: Para koki penuh kreasi sepanjang 2021

Baca juga: Sania Exclusive Masterclass Season 2 umumkan tiga pemenang

Baca juga: Sushi Kaiyo hadirkan "kotak harta karun" berisi andalan chef Jepang

 

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © 2022