Cerita Program HD Bahagia untuk Umar Hasan, Warga yang Rumahnya Ludes Terbakar

Irene

Cerita Program HD Bahagia untuk Umar Hasan, Warga yang Rumahnya Ludes Terbakar

Umar Hasan warga Kelurahan Sumber Jaya, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu terkena musibah kebakaran pada, Minggu (26/7/2020) lalu. Dalam musibah tersebut, rumah Umar ludes terbakar dan tinggal menyisakan puing-puing bangunan.

Lantaran usianya yang senja, Umar tidak bisa berbuat apa-apa ketika melihat rumahnya dilalap si jago merah. Cepatnya api melahap rumah Umar tidak bisa dibendung meski dengan bantuan warga, hal ini disinyalir banyaknya material yang mudah terbakar sebab keseharian Umar bekerja sebagai pengumpul barang rongsokan.

Prihatin atas musibah yang menimpa Umar, Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan didampingi Wakil Wali Kota Bengkulu Dedy Wahyudi meninjau lokasi kebakaran (tempat kediaman Umar) pada, Senin (3/8/2020) untuk memberikan dukungan moril dan materil berupa bantuan bedah rumah.

Dalam peninjauannya, Helmi mengajukan dua pilihan bantuan yang untuk Umar. Yang pertama berupa bantuan dana tunai dari Pemkot Bengkulu, dan yang kedua berupa bantuan bedah rumah (HD Bahagia) untuk diberikan kepada Umar.

“Saya punya dua pilihan untuk pak Umar, mau mendapat bantuan berupa uang tunai atau rumah Bapak kami bangun ulang?,” tanya Helmi kepada Umar.

Dengan yakin, Umar memilih rumahnya dibangun ulang oleh Pemkot Bengkulu. “Saya mau rumah saya dibangun ulang Pak Helmi,” jawab Umar.

Sebelum berpamitan, Helmi mengatakan akan segera mengerahkan pihak terkait untuk melakukan pembangunan ulang rumah Umar. “Jika itu pilihan Pak Umar, maka segera saya akan mengerahkan pihak terkait untuk membangun ulang rumah bapak,” ujar Helmi.

Tidak butuh waktu yang lama, berkat bantuan Pemerintah Kota Bengkulu bekerjasama dengan masyarakat, kini 1 unit rumah layak huni sudah selesai dibangun dan bisa ditempati oleh Umar pada, Rabu (19/8/2020).

Bersamaan dengan itu, Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan dan Wakil Wali Kota Bengkulu Dedy Wahyudi meresmikan sekaligus menyerahkan kunci rumah tersebut kepada Umar. Helmi juga didampingi oleh Kadis Perkim, Plt Kadis PUPR dan Camat Kampung Melayu mengucapkan terima kasih kepada pihak yang terlibat dalam pembangunan ulang rumah Umar.

“Alhamdulillah, hari ini kita memberikan secara resmi rumah kepada salah satu warga di Kota Bengkulu yang rumahnya terbakar habis. Beberapa hari lalu, dikomandani PUPR, Perkim, Himpera, Camat, Lurah, RT, semua masyarakat gotong royong bersama. Ini non APBD tapi murni gotong royong bersama. Ada dari BazNas dan dari masyarakat. Alhamdulillah 1×24 jam selesai,” ujar Helmi.

Dikatakan Helmi, melalui program HD Bahagia ini diharapkan semua masyarakat dapat merasakan rumah yang layak huni. “Kita akan mulai program HD Bahagia sehingga 100 persen rumah di Kota Bengkulu betul-betul layak huni. Dan itu dianggarkan di APBD, Insyaallah, mohon doanya,” kata Helmi. [hhw]

Next Post

Berani Berubah: Korban PHK Meniti Jalan Sukses

Feli Katri Lukitasari, tak ingin larut dalam keterpurukan setelah diberhentikan dari pekerjaannya di sebuah Koperasi Simpan Pinjam pada Maret 2020. Dia harus bertahan, demi kehidupan. Bisnis makanan dipilihnya. Bisnis makanannya memang sudah ditekuni saat bekerja, namun saat itu Feli mengaku tidak fokus menjalani bisnisnya tersebut. Kini, bisnis makanannya menjadi penyelamat […]