CEK FAKTA: Tidak Benar Video Kerumunan Orang di Mall Taman Anggrek Jakarta

Irene

Beredar video menunjukkan adanya kerumunan orang di lokasi yang disebut merupakan Mall Taman Anggrek Jakarta yang mengantre untuk mendapatkan vaksin Covid-19.

Dalam video tersebut nampak orang-orang menggunakan masker namun tidak menjaga jarak satu dengan yang lain.

©Kominfo

Penelusuran

Cek Fakta menelusuri klaim adanya kerumunan di Mall Taman Anggrek. Dilansir dari Kompas, Kepala Satpol PP Jakarta Barat Tamo Sijabat membantah adanya kerumunan orang di Mal Taman Anggrek pada Rabu (3/3/2021).

Hal tersebut disampaikan Tamo seiring dengan menyebarnya sebuah video di media sosial yang menunjukkan adanya kerumunan di lokasi yang disebut merupakan Mal Taman Anggrek.

“Saya langsung cek ke tempat hari ini. Tidak ada itu kerumunan. Itu hoaks,” kata Tamo saat dihubungi, Rabu.

Tamo menyatakan, ia juga telah berkoordinasi dengan pihak pengelola mal. “Saya sudah ketemu juga sama manajemen mal. Katanya dari malam sudah ada info itu, tapi tidak benar,” ujar Tamo.

Menurut Tamo, video yang tersebar tersebut merupakan rekaman suasana vaksinasi Covid-19 massal yang dilaksanakan di Pasar Tanah Abang beberapa waktu yang lalu. Kegiatan tersebut juga sudah dibubarkan oleh polisi karena melanggar protokol kesehatan.

“Itu di Tanah Abang, tapi hari ini videonya viral seolah-olah di Mal Taman Anggrek. Saya banyak terima video itu,” ujar Tamo.

Kesimpulan

Video kerumunan yang diklaim terjadi di Mall Taman Anggrek adalah keliru. Video tersebut rekaman suasana vaksinasi Covid-19 massal yang dilaksanakan di Pasar Tanah Abang beberapa waktu yang lalu.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://megapolitan.kompas.com/read/2021/03/03/14022221/video-viral-tentang-kerumunan-di-mal-taman-anggrek-dipastikan-hoaks [noe]

Next Post

Singaporean Woman Founder of Edtech Start-Up KOCO Secures SGD700k in Seed Funding and Launches KOCO Space for Parents

KOCO today announced that it has received a seed investment of S$700,000 by an undisclosed family office. This investment comes at an extraordinary time for KOCO as its EdTech services – KOCO Paper and KOCO Schools, are gaining business momentum during this pandemic. KOCO, with operations in both Singapore and […]