CEK FAKTA: Tidak Benar Dinosaurus Dievakuasi dari Lereng Gunung Lawu, Ini Faktanya

Irene

CEK FAKTA: Tidak Benar Dinosaurus Dievakuasi dari Lereng Gunung Lawu, Ini Faktanya

Video penampakan dinosaurus jenis Triceratops (tanduk tiga) ditemukan dari lereng Gunung Lawu viral di media sosial.

Dalam video terlihat dinosaurus tersebut diturunkan petugas dari truk dan meronta hingga membuat seorang yang memegang tali pengikat terjatuh.

Suasana berkabut tersebut terdapat bangunan menyerupai tembok pagar bertuliskan “DINOSAURUS PARK Mojosemi Forest Park”. Video ini salah satunya diunggah akun Facebook Yudistira ID, dengan narasi sebagai berikut:

PERTANDA APAKAH INI?
HEWAN PURBAKALA YANG HANYA NAMPAK DI FILM²
KINI DI TEMUKAN DI LERENG GUNUNG LAWUH MAGETAN..
————————————————————————–
Serius!!
Lihat ampe di ulang² nih beneran apa hoax tapi koq ada bapak TNI nya..

©Facebook

Penelusuran

Hasil penelusuran video penampakan dinosaurus merupakan bagian dari promosi Mojosemi Forest Park, Magetan, yakni Mojosemi Dinosaurus Park.

General Manger Managert Mojosemi Forest Park Nanang Sedayu mengatakan, video tersebut merupakan teaser video promosi wahana Dinosaurus Park yang ada didalam Kawasan Mojosemi Forest Park.

“Kemarin itu kita bikin teaser video kebetulan di Mojosemi ada wahana Dinosaurus Park,” kata Nanang, saat berbincang dengan Liputan6.com.

Menurut Nanang, hewan purba dalam video tersebut dibuat dengan skala dan bentuk menyerupai aslinya, bisa bergerak dengan bantuan mesin animatronik.

“Kami memiliki 20 spesies dinosaurus, itu menyesuaikan skala aslinya, dari bentuk dan bahannya dibuat semirip mungkin,”

Nanang mengakui video tersebut membuat gempar. Namun dia menegaskan, itu hanyalah pembuatan video teaser promo Dinosaurus Park wahana yang ada di Mojosemi Forest Park.

“Kita turunin di depan memang untuk membuat video teaser,” tutupnya.

Kesimpulan

Heboh penampakan dinosaurus adalah bagian dari teaser video promosi wahana Dinosaurus Park yang ada didalam Kawasan Mojosemi Forest Park. General Manger Managert Mojosemi Forest Park Nanang Sedayu mengatakan hewan purba dalam video tersebut dibuat dengan skala dan bentuk menyerupai aslinya, bisa bergerak dengan bantuan mesin animatronik.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Next Post

Lirik Lagu Menyesal - Ressa Herlambang

Judul Lagu: Menyesal Semula 'ku tak yakin Kau lakukan ini padaku Meski di hati merasa Kau berubah saat kau mengenal dia Bila cinta tak lagi untukku Bila hati tak lagi padaku Mengapa harus Dia yang merebut Dirimu Ho-o-ooo Bila aku tak baik untukmu Dan bila dia bahagia dirimu Aku 'kan […]