CEK FAKTA: Ini Bukan Video TikTok Diunggah Anggota FPI yang Tewas

Irene

CEK FAKTA: Ini Bukan Video TikTok Diunggah Anggota FPI yang Tewas

Beredar video seorang laki-laki di aplikasi TikTok yang diklaim sebagai postingan salah satu laskar Front Pembela Islam (FPI) yang tewas karena bentrok dengan polisi.

Video itu diunggah oleh akun Facebook Pelabuhan Asmara. Dalam video tertulis akun TikTok bernama @dutakuliner.

©Istimewa

Salah satu postingan syuhada yg sahid yg gugur

Membela habaib,”

Penelusuran

Penelusuran dilakukan dengan mengunjungi akun TikTok @dutakuliner. Ternyata akun TikTok @dutakuliner membuat video klarifikasi mengenai videonya yang disebut sebagai salah satu laskar FPI.

Dalam video klarifikasinya, akun Tiktok @dutakuliner menyebut bahwa yang ada dalam video tersebut bukan Muhammad Reza, salah satu laskar FPI yang tewas saat baku tembak dengan polisi, melainkan dirinya bernama Ali Al Jufri.

Berikut pernyataan akun TikTok @dutakuliner dalam videonya tersebut:

Klarifikasi telah viral video saya di TikTok yang disatukan dan kemudian diberi caption seolah-olah yang berbicara itu Muhammad Reza, salah satu laskar khusus FPI yang ditembak mati oleh polisi.

Video ini viral di seluruh grup WhatsApp, Instagram, YouTube, bahkan publik figur seperti Ustaz Yusuf Mansur, Habib Ahmad Alhabsyi dan lain-lain ikut memposting video ini.

Saya tegaskan itu bukan muhammad reza, itu saya sendiri Ali Al Jufri yang ada di video tersebut. Ini hanya kesalahpahaman, tapi perlu diluruskan, supaya tidak menimbulkan masalah berikutnya.

Terlepas dari itu semua, kita doakan semoga Allah tunjukkan kebenaran yang sesungguhnya mana yang haq dan mana yang batil. Serta untuk 6 almarhum semoga diterima di Islamnya dan diberikan tempat terbaik di sisi Allah. Allahu Akbar.

Kesimpulan

Viral video TikTok diklaim diunggah salah satu anggota FPI yang tewas adalah tidak benar. Faktanya akun TikTok @dutakuliner, bernama asli Ali Al Jufri telah memberikan klarifikasi bahwa dia bukan salah satu dari laskar FPI yang tewas.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Next Post

Wajah Modern Stasiun Jatinegara

Wajah Modern Stasiun Jatinegara. Stasiun Jatinegara kini memiliki wajah baru usai direvitalisasi sejak 2016 lalu dengan perpaduan antara gaya modern dan klasik Eropa. Aktivitas penumpang kereta Commuter Line di Stasiun Jatinegara, Jakarta, Rabu (16/12/2020). Stasiun Jatinegara kini memiliki wajah baru usai direvitalisasi sejak 2016 lalu dengan perpaduan antara gaya modern […]