CEK FAKTA: Hoaks Tim Kuasa Hukum Siap Bantu Trump Jika Kalah Pilpres AS

Irene

CEK FAKTA: Hoaks Tim Kuasa Hukum Siap Bantu Trump Jika Kalah Pilpres AS

Beredar sebuah foto tim kuasa hukum saat persidangan. Salah satu dari anggota tim kuasa hukum itu, yakni Bambang Widjojanto. Foto tersebut tertulis narasi “JIKA TRUMP BUTUH TIM KUASA HUKUM UNTUK GUGATAN PIPLRES DI AMERIKA, KAMI SIAP BANTU KARENA KAMI SANGAT BERPENGALAMAN“.

turnbackhoax

Penelusuran

Menurut penelusuran , foto tersebut merupakan hasil editan. Dalam artikel Turnbackhoax berjudul “[SALAH] “JIKA PAK TRUMP BUTUH TIM KUASA HUKUM UNTUK GUGATAN PILPRES DI AMERIKA, KAMI SIAP BANTU KARENA KAMI SANGAT BERPENGALAMAN”” pada 10 November 2020, dijelaskan bahwa foto tersebut pernah menjadi foto dalam artikel Liputan6.

Akun Facebook Muhammad Delly Yuzar pada tanggal 9 November 2020 mengunggah sebuah foto yang menampilkan Denny Indrayana di tengah suasana di suatu persidangan. Dalam foto tersebut juga menyertakan narasi yang menyebut jika mereka siap membantu Trump jika dibutuhkan tim kuasa hukum untuk menggugat pilpres Amerika.

turnbackhoax

Berdasarkan penelusuran menggunakan mesin mencari Yandex dengan fitur telusuri foto, ditemukan artikel yang cocok untuk foto tersebut yang dimuat Liputan6.com pada tanggal 14 Juni 2019 dengan judul “Tim Hukum Prabowo Sebut Jokowi Kuasai Pers Nasional”. Dalam artikel tersebut tidak ada pembahasan mengenai Denny Indrayana yang siap membantu menggugat pilpres Amerika, melainkan membahas tentang sidang sengketa hasil pilpres Indonesia 2019.

Kesimpulan

Foto tim kuasa hukum dengan narasi siap membantu Donald Trump atas kekalahan dalam Pilpres AS 2020 adalah hoaks. Foto tersebut tidak ada kaitannya dengan Pilpres Amerika.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Next Post

Pemprov DKI: 14 Gedung Ajukan Permohonan Penyelenggaraan Resepsi Pernikahan

Kepala Bidang Industri Pariwisata Dinas Parekraf Jakarta, Bambang Ismadi mengatakan, ada belasan pengelola gedung atau venue yang mengajukan permohonan untuk dapat menggelar acara resepsi pernikahan. “Total sudah 14 venue atau gedung yang mengajukan permohonan,” katanya saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (11/11). Dia mengungkapkan, saat ini pengajuan tersebut masih dalam proses verifikasi […]