Breaking News in Indonesia

CEK FAKTA: Hoaks Pemicu Israel Serang Palestina Karena Disudutkan di KTT OKI Turki

Beredar informasi, Israel disudutkan saat KTT OKI di Turki. Informasi itu tersebar lewat aplikasi percakapan, WhatsApp. Disebutkan pula dalam informasi tersebut, hal itu yang jadi penyebab serangan ke Gaza.

turnbackhoax

Innalillahi Wainaillaihi roji’un…..
Palestine dikepung oleh pasukan israel..israel marah krn ktt oki di TURKI menyudutkan israel, mereka melakukan serangan darat ke Gaza… pemimpin Hizbullah, Syed Hasan Nasrullah minta semua muslim utk membaca surah al-Baqarah ayat 26-27 dan surah Yunus ayat 85,86,88 malam ini.. tolong sebarkan.. agar israel hancur.. forward kpd seluruh umat Islam.. saudara seagama telah dikepung tunggu waktu utk di sembelih..

Penelusuran

Hasil penelusuran menunjukkan informasi tersebut adalah hoaks. Dalam artikel berjudul “Asal Muasal dan Pemicu Memanasnya Pertempuran Terbaru Palestina-Israel” pada 13 Mei 2021, dijelaskan bahwa serangan Israel terhadap Palestina karena perebutan lahan.

Eskalasi ini merupakan yang paling hebat sejak Perang Gaza pada 2014. Inilah pemicu pertempuran terbaru antara Palestina-Israel, dirangkum dari Al Jazeera, Rabu (12/5).

Kemarahan semakin besar setelah terjadi pengusiran paksa keluarga Palestina dari rumahnya di Sheikh Jarrah, yang telah menghadapi sejumlah gugatan kasus pengadilan yang diajukan oleh beberapa organisasi pro-pemukim Israel sejak 1972.

Organisasi ini mengklaim tanah yang ditempati keluarga Palestina itu awalnya berada di bawah kepemilikan Yahudi, tetapi orang-orang Palestina melihat ini sebagai perpanjangan dari kebijakan resmi Israel untuk menggusur sebanyak mungkin orang Palestina dari Yerusalem untuk mempertahankan identitas mayoritas Yahudi di kota itu.

PBB telah memperingatkan pengusiran yang direncanakan bisa termasuk “kejahatan perang”.

Kesimpulan

Informasi yang menyebut pemicu Israel menyerang Palestina karena disudutkan di KTT OKI adalah hoaks. Pemicu konflik Israel-Palestina yakni perebutan lahan antara Palestina dan Israel.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [lia]