CEK FAKTA: Hoaks Facebook Tutup Akun Muhammadiyah

Irene

CEK FAKTA: Hoaks Facebook Tutup Akun Muhammadiyah

Beredar informasi Facebook menutup akun Muhammadiyah di media sosial. Informasi tersebut berupa tangkapan layar berita dengan mencatut nama media Republika.co.id berjudul “Facebook Tutup Akun Muhammadiyah“.

Penelusuran

Menurut penelusuran , informasi Facebook tutup akun Muhammadiyah adalah hoaks. Dalam artikel Republika berjudul “Facebook Tutup Akun Muhammadiyah Gerakan Islam Berkemadjoean” pada 14 Desember 2020, dijelaskan bahwa bukan akun milik Muhammadiyah yang ditutup.

Group Facebook 'Muhammadiyah: Gerakan Islam Berkemadjoean' diketahui telah dibekukan oleh pihak perusahaan jejaring sosial raksasa asal California, AS itu. Akun itu ditutup karena diduga melanggar standar komunitas mengenai individu dan organisasi berbahaya.

Namun tidak diketahui unggahan mana saja yang diduga menyebabkan penangguhan akun dari Ormas Islam tertua di Indonesia itu. “Maka dari ini Admin akan membuat grup baru lagi, tunggu info selanjutnya,” ujar pengumuman itu, Senin (14/12).

Lebih lanjut, diketahui jika awalnya hanya admin yang bisa melihat dan membuka akun tersebut. Untuk itu, pihak Facebook menawarkan untuk dilakukan peninjauan pada akun tersebut. Facebook, diketahui memberikan waktu hingga 10 Januari 2021.

Pengelola akun telah menyetujui peninjauan tersebut. Namun diketahui akhirnya grup tersebut telah dinonaktifkan, tak lama setelah proses permintaan peninjauan.

Kemudian dalam artikel muhammadiyah.or.id berjudul “Abdul Mu’ti : Akun Resmi Fanspage Persyarikatan Muhammadiyah Masih Aktif, Tidak Ditutup” juga dijelaskan bahwa akun Facebook Muhammadiyah masih aktif.

Akun official fanspage FB Persyarikatan Muhammadiyah masih aktif dan tidak di-takedown oleh Facebook. Begitu dikatakan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti.

“Facebook Persyarikatan Muhamamdiyah tidak di-takedown. Sampai saat ini berjalan seperti biasa,” kata Mu’ti setelah mendapat laporan dari admin facebook Persyarikatan.

Menanggapi pemberitaan sebelumnya yang menyebutkan bahwa facebook tutup akun Muhammadiyah. Sebenarnya yang ditutup itu akun group facebook “Muhammadiyah: gerakan Islam Berkemadjoean”. Yang sebenarnya bukan akun resmi milik Persyarikatan Muhammadiyah. Akun tersebut dikelola oleh personal.

Kesimpulan

Informasi Facebook menutup akun Muhammadiyah adalah hoaks. Akun Facebook yang ditutup adalah akun group facebook “Muhammadiyah: gerakan Islam Berkemadjoean” bukan akun resmi milik Persyarikatan Muhammadiyah.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Next Post

ZALL Smart Commerce and CIC Launch Digital Silk Road Initiative

SINGAPORE, Dec 15, 2020 – (ACN Newswire) – Commodities Intelligence Centre (“CIC”) announces a momentous 2020 as it has jointly launched a “Digital Silk Road” initiative led by ZALL Smart Commerce Group (“ZALL”), Asia’s leading B2B e-commerce Group, and joined Singapore’s Blockchain for Trade & Connectivity (BTC) Network. As Singapore’s […]