Cegah Penularan Corona, Wali Kota Solo Ingatkan TPS harus Steril

Irene

Cegah Penularan Corona, Wali Kota Solo Ingatkan TPS harus Steril

Wacana penundaan pemilihan kepala daerah Pilkada 2020 semakin mencuat, setelah pimpinan KPU Arief Budiman dan banyak penyelenggara Pemilu di sejumlah daerah terpapar Covid-19. Beberapa pihak mendesak pemerintah agar pelaksanaan Pilkada 9 Desember mendatang ditunda untuk menghindari merebaknya virus Corona di Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (Rudy) mengaku tidak mempermasalahkannya. Namun, menurut Rudy, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi agar penularan Covid-19 tidak semakin merajalela. Intinya, KPU dan masyarakat harus taat menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Tetapi kalau harus dijalankan, harus ada sterilisasi TPS (tempat pemungutan suara). Lantas petugasnya juga harus betul betul nonreaktif, tidak positif,” ujar Rudy, Selasa (22/9).

Syarat lainnya, lanjut Ketua DPC PDIP Solo itu, adalah adanya pengaturan waktu atau jadwal undangan untuk warga yang akan datang ke TPS. Sehingga kerumunan masa bisa dihindarkan. Selain itu, setelah sampai di TPS, sebelum mencoblos warga harus menggunakan kaos tangan masing masing.

“Syukur-syukur kaos tangan diberi oleh KPU, itu lebih baik,” katanya.

Sebagai kepala daerah maupun Ketua DPC PDIP Solo, Rudy mengaku memilih menunggu keputusan dari KPU pusat. Apapun yang diputuskan oleh KPU akan dilaksanakan. Apakah Pilkada tetap akan digelar 9 Desember atau ditunda.

“KPU pasti akan berbicara dengan pimpinan partai politik di pusat. Jadi saya tidak punya kewenangan, saya di Solo kan tinggal melaksanakan,” bebernya. [cob]

Next Post

Mendagri Nilai Pilkada jadi Momentum Pilih Pemimpin Mampu Atasi Krisis Akibat Pandemi

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menegaskan, Pilkada serentak Tahun 2020 harus menjadi momentum penting untuk memilih pemimpin yang kuat. Pemimpin legitimate yang dipilih rakyatnya. Pemimpin yang juga diharapkan mampu menangani krisis akibat pandemi Covid-19 dan dampak sosial ekonominya. Menurut Mendagri, Pilkada serentak 2020 ini tidak hanya diharapkan jadi momentum […]