Cegah Pembalakan, Sulawesi Selatan Butuhkan 1.000 Polisi Hutan

Irene

Cegah Pembalakan, Sulawesi Selatan Butuhkan 1.000 Polisi Hutan

Kepala Dinas Kehutanan Sulawesi Selatan, Andi Parenrengi mengatakan, pihaknya memerlukan 1.000 polisi hutan untuk menjaga kawasan di sana. Tujuannya untuk mencegah aksi pembalakan liar.

Sejauh ini, kata dia, Dinas Kehutanan hanya memiliki 400 personel polisi kehutanan yang menjaga hingga 2.700 juta hektare hutan se-Sulawesi Selatan. Dengan angka itu, satu polisi hutan bertanggung jawab menjaga 6,75 juta Hektare hutan.

“Hitungannya, satu orang bisa tangani 2.000 Hektare, sehingga jika luas hutan di Sulawesi Selatan seluas 2.700 juta Hektare, maka butuh hingga 1.000 orang petugas,” katanya seperti dilansir dari Antara, Sabtu (8/8).

Polisi hutan yang dimiliki Sulawesi Selatan terdiri dari 160 orang petugas berstatus PNS sementara sisanya sebanyak 311 orang masih berstatus tenaga honor.

Andi menjelaskan, seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Selatan minus Makassar, memiliki hutan dengan luas yang beragam. Maka dengan kondisi itu maka dinilai perlu untuk lebih menambah personel agar pengawasan bisa maksimal.

Menurutnya, para personel terus rutin patroli di berbagai kawasan hutan di Sulawesi Selatan demi meminimalisir upaya pengrusakan hutan yang justru menimbulkan bencana alam.

“Petugas kami sudah rutin melakukan penjagaan di beberapa kawasan hutan di Sulawesi Selatan. Kami dengan kekuatan yang ada tetap berupaya agar bisa maksimal,” tutupnya. [fik]

Next Post

Cegah Penyebaran Covid-19, Makam Gus Dur Masih Tertutup untuk Peziarah

Manajemen Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, masih memutuskan untuk menutup lokasi makam mantan Presiden KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur untuk peziarah di masa pandemi Covid-19. “Perlu kami tegaskan bahwa status penutupan akses makam untuk peziarah masih tetap berlaku, sesuai surat Pengasuh Pesantren Tebuireng Nomor 1524/I/HM 00 01/PENG/2020 […]