Breaking News in Indonesia

Cegah Kucing Berjalan di Atas Perabotan, Berbekal 4 Bahan Murah Meriah

Sudah mulai merasa jengkel dengan tingkah jahil kucing yang menjatuhkan berbagai barang dari perabotan? Secara naluri, anabul memang lebih suka berada di tempat yang tinggi untuk membantunya menjauh dari predator dan memudahkannya mengawasi lingkungan sekitar.

Namun, demi keamanan, catlover mulai memikirkan cara untuk menjauhkannya dari atas perabotan. Salah satunya, memanfaatkan beberapa bahan dengan tekstur yang dibenci oleh kucing.

Lengket

©2021 Shutterstock

Saat menempelkan cakarnya pada sesuatu yang lengket, kucingmu akan merasa terganggu dan kemungkinan besar akan mencoba untuk melepaskannya. Ada beberapa produk dengan dua sisi lengket yang banyak dijual di petshop.

Bentuknya mirip selotip dua sisi yang menempel pada furnitur atau barang lainnya. Begitu anabul meletakkan kakinya di atas barang yang akan digaruknya, cakarnya akan lengket dan mendorongnya berpindah tempat.

Alumunium Foil

©2021 Shutterstock

Kebanyakan kucing tidak menyukai suara atau tekstur aluminium foil. Anabul menganggap suara berisiknya tidak nyaman didengar dan teksturnya yang halus, dingin, dan berkilau membuatnya enggan menduduki atau menggaruknya. Jika hewan peliharaanmu tidak menyukainya, coba tempatkan selama sebulan di tempat yang tidak kamu inginkan untuk dicakar atau ditempati oleh kucingmu.

Plastik

©2021 Shutterstock

Plastik merupakan tekstur halus lainnya yang tidak menarik bagi kucing dan diyakini bisa mencegahnya menggaruk sofa atau perabotanmu. Anabul yang mempertajam cakarnya dan meninggalkan baunya, biasanya akan merasa frustasi karena tidak bisa melakukannya di atas plastik. Agar lebih efektif, pilih plastik vinil yang licin atau alas mobil berbahan plastik dengan sisi yang licin menghadap ke atas.

Microfiber

©2021

Bahan lain yang harganya terjangkau dan mudah didapat ini memiliki permukaan yang lembut dan halus. Tekstur ini sangat berlawanan dengan kebiasaan kucing yang suka menggaruk. Dibandingkan plastik dan alumunium foil, bahan ini pun lebih tahan lama dan sulit dihancurkan.

Meskipun sulit untuk menjauhkan kucing dari meja atau perabotan estetikmu, sofa berbahan kain mikrofiber bisa jadi pilihan yang tepat untuk pemilik hewan peliharaan. Selain bebas bekas cakaran, permukaannya halus dan nyaman, juga mudah dibersihkan dari bulu anabul yang rontok.

Biar lebih efektif, latih untuk menjauhi rak atau perabotan tinggi dan bujuk kucing untuk bermain di area yang sudah disediakan. Gunakan cat food sebagai treat, yang bisa diberikan secara langsung tanpa ragu-ragu seperti Muezza.

©2020 Muezza

Sudah mendapatkan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand, kini pemilik kucing bisa leluasa memegang dry food, mencuci wadah makannya di tempat cuci piring, hingga mudah mencari lokasi penyimpanannya. Dibuat dari bahan-bahan alami yang diolah dengan teknologi modern, Muezza bebas dari bahan tambahan sintetik yang dapat memicu gangguan kesehatan.

Tersedia dalam 4 varian rasa yang bakal bikin kucing lahap makannya, temukan keempat variannya di marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. (eth)

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia [jfw]