Jakarta () – President Stand Up Indo atau Presiden Komika Adjis Doaibu memberikan tips mengatur keuangan khususnya untuk para stand up comedian atau komika baru di Indonesia.

"Tips yang pertama, komika yang baru-baru muncul tuh memang harus punya manager sendiri atau juga financial planner. Agar teratur semua keuangannya," ujar Adjis saat dijumpai di Jakarta Selatan, Senin (11/4).

"Karena gini. Mungkin teman-teman melihat komika stand up-nya dimana-mana. Banyak banget. Tapi itu kan nggak langsung turun duitnya. Jadi tuh harus dikelola dengan benar. Jangan sampai nanti udah waktunya gajian, tapi harus nutupin biaya-biaya yang dipinjam sebelumnya," tambahnya.

Di sisi lain, komika Rin Hermana juga menyampaikan keresahannya. Sebagai seorang perantau, Rin kerap berjuang untuk mengatur keuangannya. Salah satu cara yang dia lakukan adalah dengan mencatat kebutuhan pokok harian.

"Kalau saya karena perantau dan juga seorang stand up comedian yang freelancer juga. Jadi kadang satu bulan ada, enam bulan hibernasi gitu ya. Saya biasanya nulis hari ini kebutuhan pokoknya apa saja nih," kata Rin.

"Kebutuhan yang pasti dulu saja nih. Kita sebagai anak rantau harus tau, 'Oh kita butuh makan dulu'. Kopi kalau bisa nggak usah dulu deh. Jadi orang tua tau nya 'Anak saya di rantau hidupnya sukses'. Biasanya gitu, saya ngakalin," pungkasnya.

Selain membutuhkan financial planner atau mengatur keuangan, Wakil Presiden Stand Up Indo Erwin Wu juga menambahkan bahwa seorang komika juga membutuhkan sebuah platform finansial yang lengkap serta mudah untuk di akses.

Hal tersebut berguna untuk memudahkan para komik dalam mengatur keuangannya. Selain itu, platform tersebut juga dibutuhkan untuk mempermudah komika dalam melakukan transaksi keuangan lainnya.

"Kebutuhan teman-teman komika dalam membuat konten di luar stand up tentunya pasti butuh satu aplikasi yang lengkap. Bisa buat beli pulsa, beli paket dalam satu aplikasi," jelas Erwin.

Untuk membantu masalah-masalah keuangan yang dirasakan oleh para komika, Bank Neo Commerce pun bekerja sama dengan Stand Up Indo. BNC memberikan solusi dari berbagai permasalahan perbankan dan finansial yang masih dialami oleh berbagai kalangan masyarakat dalam kehidupan sehari-harinya. Salah satunya dengan memberikan bebas potongan biaya administrasi bagi nasabahnya.

Baca juga: Contek cara Arief Muhammad atur keuangan sukses wujudkan mimpinya

Baca juga: Pentingnya literasi keuangan bagi ibu rumah tangga

Baca juga: Bank Jago dan Ibu Punya Mimpi ajak ibu kelola keuangan via aplikasi

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © 2022