Banyak Pelajar Ikut Demo, Anies Minta Orang Tua Lebih Perhatian Selama di Rumah

Irene

Banyak Pelajar Ikut Demo, Anies Minta Orang Tua Lebih Perhatian Selama di Rumah

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta orang tua para pelajar di Jakarta untuk lebih meningkatkan perhatian selama sekolah dari rumah. Hal ini menyusul banyaknya pelajar yang berdemo menolak Omnibus Law Cipta Kerja. Anies menngingatkan, waktu pelajar kini lebih banyak di rumah daripada di sekolah.

“Ya karena kan mereka di rumah dan orang tua berada di rumah bersama dengan anak-anak, kalau guru malah tidak, jadi guru tidak bisa. Kalau hari-hari sekolah kan sekolahnya bisa (jaga pelajar),” kata Anies di Hotel Arya Duta, Jakarta Pusat, Rabu (14/10/2020) malam.

Para guru, menurut Anies, bisa memberi perhatian labih saat berada di sekolah, namun selama pandemi hal itu tidak berlaku.

“Seperti dulu misalnya tahun lalu kan guru menjaga agar anak-anak tetap berada di sekolah sampai jam sekolah selesai,” katanya.

“Kalau sekarang saya mengimbau orang tuanya untuk mereka mendidik bersama di rumah dan orang tuanya membimbing,” tambahnya.

Dia mengingatkan risiko bagi pelajar saat berada di luar rumah yakni penularan Covid-19. “Jadi keputusan-keputusan untuk pergi harus pamit kepada orang tua apalagi pergi keluar di masa pandemi begini berisiko,” ucapnya.

Selain itu, terkait hukuman bagi pelajar yang demo arnarkis, Anies tidak sependapat pelajar yang berdemo nantinya mendapat sanksi dikeluarkan dari sekolah.

“Salah itu kalau bermasalah justru harus dapat banyak perhatian dari sekolah. Kalau dia dikeluarkan maka tidak ada yang membina,” tandasnya.

Reporter: Delvira Hutabarat [ray]

Next Post

KPAI Tak Setuju Pelajar Ikut Demo Diancam Sulit Dapat SKCK

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyayangkan munculnya narasi kriminalisasi anak usia sekolah yang turut terlibat demonstrasi. Sebelumnya, ada wacana pelajar yang hendak melakukan aksi di wilayah Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang identitasnya akan tercatat dalam Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari kepolisian. Sehingga pelajar yang diamankan karena akan melakukan aksi […]