Banjir dan Longsor di Mamasa, Puluhan Hektare Sawah Rusak dan 3 Dusun Terisolir

Irene

Banjir dan Longsor di Mamasa, Puluhan Hektare Sawah Rusak dan 3 Dusun Terisolir

Banjir dan tanah longsor yang melanda Desa Rippung, Kecamatan Messawa, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, Kamis malam (8/10) tidak hanya merusak puluhan hektare persawahan milik warga, namun juga mengakibatkan tiga dusun terisolir.

Ketiganya adalah Dusun Malluaya, Rattedonan dan Talmin. Diketahui jalan menuju tiga dusun tersebut tertutup material longsoran berupa tanah liat bercampur pohon tumbang.

“Kami berharap jalan kami yang sudah dua hari tertutup ini bisa dibantu oleh pemerintah untuk dibuka kembali, karena kami sangat kesulitan. Apalagi jalur yang tertutup itu setiap hari dilalui masyarakat jika hendak ke pasar, sekarang tidak bisa lagi,” kata Kepala Dusun Malluaya, Musra kepada , Sabtu (10/10).

Sementara itu kepala Desa Rippung, Restu Handayani mengatakan, setidaknya terdapat 200 kepala keluarga di tiga dusun tersebut yang masih terisolasi.

“Banjir dan longsor ini begitu memporak-porandakan desa kami, selain puluhan hektare area persawahan rusak, tiga dusun masih terisolasi karena jalan mereka tertutup material longsoran,” ungkapnya.

Restu menuturkan, jalan tersebut tidak bisa dilalui hingga saat ini lantaran titik longsoran terlalu banyak. Sementara warga secara bergotong royong tidak mampu membersikan material longsoran karena begitu banyaknya.

“Kami berharap segera ada bantuan dari pemerintah daerah khususnya bantuan alat berat untuk membuka akses jalan di tiga dusun yang masih terisolasi, agar aktivitas warga kembali normal,” Harapnya.

Sementara Kepala Dinas PUPR Kabupaten Mamasa Daud Tandiarruan mengatakan, bencana longsor yang ada di Desa Rippung akan dikordinasikan dengan Bupati Mamasa.

“Semoga ada solusi segera dari pimpinan pengambil kebijakan, karena biaya yang ada di kami saat ini lagi tidak ada terkena refocussing anggaran karena pandemi Covid 19,” sebutnya. [cob]

Next Post

Donald Trump Disebut Tak Lagi Berisiko Menularkan Virus Corona

Presiden AS, Donald Trump dinyatakan tak lagi berisiko menularkan virus corona, hanya sembilan hari setelah didiagnosis tertular Covid-19. Hal ini disampaikan dokternya dalam sebuah pernyataan yang dirilis Sabtu malam. “Malam ini saya dengan senang hati melaporkan bahwa selain Presiden memenuhi kriteria CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS) untuk penghentian […]