Bakamla Siapkan Rekomendasi Pengelolaan Perbatasan Laut ke Presiden Jokowi

Irene

Bakamla Siapkan Rekomendasi Pengelolaan Perbatasan Laut ke Presiden Jokowi

Kepala Bakamla Laksdya TNI Aan Kurnia menyampaikan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah hal untuk memaksimalkan kinerja di tahun 2021 mendatang. Salah satunya dengan telah tersusunnya rekomendasi pengelolaan perbatasan laut yang akan disampaikan ke Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

“Dalam rangka HUT Bakamla 15 Desember kemarin kita adakan seminar dan akhirnya keluarlah tiga strategi untuk mengelola perbatasan laut,” tutur Aan di Mabes Bakamla RI, Jakarta Pusat, Rabu (30/12/2020).

Aan menyebut, strategi yang pertama adalah simbol negara harus hadir di setiap perbatasan laut. Bakamla bersama instasi terkait harus selalu ada dan siaga agar tidak diremehkan oleh kapal asing.

“Kedua, kita harus eksplorasi. Jadi semuanya sampai ke pelaku ekonomi, akademisi. Dan di sana itu harusnya ada bts-bts supaya jangkauan komunikasi kita bisa sampai ke luar perbatasan pun masih (terkoneksi). Kemarin saya sudah menghadap Kominfo, tanggapannya bagus sekali, kapal-kapal kita akan diberikan bts-bts,” jelas dia.

Kemudian yang ketiga, lanjutnya, perlu diplomasi di laut yang dapat dilakukan oleh semua pihak, baik kementerian, lembaga, TNI, Polri, akademisi, hingga pelaku ekonomi.

“Bukan kita nangkapin kapal Vietnam tapi kapal kita nggak ada. Nelayan hadir di sana. Kalau hanya nangkap ngusir nangkap ngusir itu sudah dari dulu. Ini kita susun dan rumusan ini akan kita sampaikan ke Bapak Presiden. Kemarin dari Pak Mahfud juga sambutannya baik. Jadi seminar ini tidak sekedar selesai, tapi ada hasilnya dan akan saya sampaikan ke Pak Presiden,” Aan menandaskan.

Reporter: Nanda Perdana Putra [ray]

Next Post

Seribu Tim Oranye DKI Bakal Disiagakan Antisipasi Sampah Malam Tahun Baru

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta akan mengerahkan 1.000 petugas kebersihan untuk mengantisipasi sampah saat pergantian Tahun Baru 2021. Meskipun Pemprov DKI Jakarta sudah mengingatkan tidak ada titik keramaian selama pergantian tahun karena wabah pandemi belum berakhir. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Syaripudin, menyatakan ribuan petugas tersebut […]