Breaking News in Indonesia

ASN Pemprov Kepulauan Bangka Belitung Wajib Jalani Tes GeNose C19

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan mewajibkan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemerintah provinsi mengikuti tes GeNose C19. Kebijakan itu dibuat untuk mendeteksi penularan Covid-19 lebih dini.

“Kegiatan tes GeNose C-19 ini tahap pertama dilakukan kepada seluruh pegawai di Biro Umum Setda Pemprov Babel untuk memastikan mereka bebas Covid-19,” kata Erzaldi saat meninjau tes GeNose di Pangkalpinang, Kamis (25/3).

Berdasarkan pemantauan, satu per satu pegawai Biro Umum Setdaprov menjalani tes GeNose. Mereka meniup kantong plastik untuk mengambil sampel udara.

Petugas yang dilibatkan dalam tes ini berasal dari Poliklinik Kesehatan Dinas Kesehatan Babel. Mereka melakukan pemeriksaan sekaligus memberikan konsultasi, informasi, dan edukasi terkait hasil pemeriksaan.

Erzaldi mengatakan, tes GeNose C19 di kalangan pegawai dilakukan secara bertahap. Tes ini juga akan dilaksanakan dalam setiap penyelenggaraan kegiatan atau acara pemerintahan di lingkungan pemerintah provinsi.

“Ke depannya pegawai di seluruh organisasi perangkat daerah secara bergilir akan diperiksa, dengan harapan agar pegawai bisa lebih dini mendeteksi Covid-19 dengan biaya yang cukup murah,” ujarnya seperti dilansir Antara.

Jika dari hasil tes ditemukan pegawai yang positif, maka tim Satgas Penanganan Covid-19 segera membawanya ke Labkesda untuk di menjalani tes PCR. Kalau ternyata hasil PCR positif, ASN itu langsung dibawa ke Rumah Sakit Covid-19 Provinsi Babel untuk segera ditangani dan diisolasi.

“Tes GeNose ini dilakukan sebagai langkah preventif untuk mencegah penularan Covid-19 di lingkungan Kantor Gubernur Babel, sehingga kesehatan pegawai lebih terjaga serta cepat tertangani jika memang ditemukan pengidap positif Covid-19,” katanya. [yan]