Arus Lalu Lintas Jakarta di Awal Tahun Terpantau Lancar

Irene

Arus Lalu Lintas Jakarta di Awal Tahun Terpantau Lancar


Kondisi arus lalu lintas setelah malam pergantian tahun baru di sejumlah ruas jalan Ibu Kota terpantau lancar pada pagi, Jumat (1/1).

Berdasarkan pantauan , pada pukul 09.00 WIB di kawasan Bundaran HI Jakarta arus lalu lintas terpantau lancar. Nampak juga masyarakat yang beraktivitas bersepeda maupun olahraga, walaupun car free day tak diberlakukan petugas di lokasi tersebut.

Sementara dikutip dari @TMCPoldaMetro terpantau situasi arus lalu lintas di Interchange Cawang terpantau lancar pada pukul 09.05 WIB. Lalu, sekitar pukul 08.35 Situasi arus lalu lintas di Keluaran Tol Ancol Timur terpantau lancar.

“07.55 Kebijakan pembatasan kendaraan dengan sistem Ganjil-Genap ( GAGE ) di wilayah DKI Jakarta belum diberlakukan,” tulis twit @TMCPoldaMetro.

Kemudian untuk pantauan arus lalu lintas di jalan tol, PT Jasa Marga melaporkan kondisi di Tol Jagorawi TMII – Cibubur – Bogor – Ciawi maupun arah sebaliknya masih terpantau lancar.

“09.03 WIB #Tol_JapekIIElevated Cikunir – Tambun – Cikarang – Karawang LANCAR. Karawang – Cikarang – Tambun – Cikunir Lancar,” tulis PT Jasa Marga lewat akun twitternya.

Sementara untuk di Tol CTC Cawang- Tomang – Pluit – Cengkareng maupun arah sebaliknya pada pukul 09.00 terpantau lancar. Hal serupa juga terpantau pada pukul 09.00 WIB, di Tol JLJ TMII Cikunir – Cakung – Rorotan maupun arah sebaliknya lancar.

Sebelumnya, momen malam pergantian tahun menuju 2021 berbeda dari biasanya di Jakarta. Melonjaknya angka Covid-19 membuat Pemprov DKI dan polisi membatasi aktivitas warga. Sejumlah ruas jalan protokol ditutup dan kendalikan secara ketat.

Sejumlah lokasi yang biasanya dijadikan warga menunggu pergantian tahun terpantau sepi. Salah satunya di kawasan Bundaran HI dan Monumen Nasional (Monas).

Tak ada kerumunan warga seperti tahun-tahun sebelumnya. Tidak ada pula pesta kembang api yang menjadi daya tarik warga Ibu Kota.

Sepanjang Jalan Merdeka Barat, Sudirman hingga MH Thamrin juga terlihat sepi. Petugas gabungan dari TNI Polisi dan Satpol PP berjaga di sepanjang jalan.
Cuaca pada malam hari ini terus diguyur rintik hujan. Warga tampaknya menghabiskan waktu menunggu tahun baru di rumah masing-masing.

Polda Metro Jaya bersama dengan Kodam Jaya dan Pemprov DKI menerapkan Car Free Night dan Crowd Free Night untuk mencegah timbulnya kerumunan massa saat malam Tahun Baru 2021. Selain itu, petugas juga menyiapkan 5 langkah lain dalam melakukan pengamanan.

“Kita laksanakan Car Free Night dan Crowd Free Night di beberapa ruas jalan kota Jakarta, melaksanakan penyekatan perbatasan masuk wilayah DKI Jakarta pada malam tahun baru, patroli skala besar gabungan TNI-Polri, Pemda. Kita laksanakan pembubaran kerumunan, rapid test kepada warga berkerumun dan penindakan hukum pelanggar prokes,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

Konsep Car Free Night adalah pembatasan dengan tidak memperkenankan kawasan yang dimaksud dimasuki kendaraan baik roda dua maupun roda empat.
Sedangkan Crowd Free Night adalah pembatasan dengan tidak memperkenankan kawasan yang dimaksud dimasuki oleh pejalan kaki, pesepeda, dan lain-lain.

“Pelaksanaan CFN dan Crowd Free Night di Jalan Sudirman Thamrin dan Banjir Kanal Timur, dilaksanakan mulai 20.00 WIB sampai 03.00 WIB,” sambungnya.

Kemudian, kegiatan patroli bertujuan membubarkan masyarakat jika berkumpul di sejumlah lokasi yang berpotensi menimbulkan kerumunan. [fik]

Next Post

Persawahan di Kendari Makin Berkurang Akibat Alih Fungsi Lahan

Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), meminta warga khususnya petani di daerah itu tidak mengalihfungsikan lahan pertanian menjadi lahan pemukiman. “Sebab kenyataan di lapangan saat ini lahan pertanian yang ada di kota itu semakin berkurang akibat alih fungsi,” kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Kendari, Sitti Ganef, di […]