Jakarta () – Saat pandemi, terutama di masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), kehadiran aplikasi berbelanja sayur segar dan kebutuhan dapur sangat dibutuhkan.

Di banyaknya aplikasi belanja sayur segar, Freshbox turut menawarkan solusi untuk memenuhi kebutuhan dapur selama pandemi COVID-19, mulai dari sayuran, buah buahan, daging, bumbu dapur dan beragam kebutuhan dapur lain.

Founder FreshBox, Matthew James dalam keterangannya pada Senin mengatakan bahwa FreshBox mengusung konsep "farm to table" yakni produk mereka dipanen setiap hari dan datang langsung dari pertanian yang mereka miliki.

"FreshBox dimulai dari sebuah mimpi oleh ibu saya untuk menjual sayur-mayur yang segar dikarenakan beliau sangat menyukai berkebun. Saya percaya akan mimpi beliau dan bersama dengan tim yang luar biasa, kami kembangkan FreshBox sampai apa adanya hari ini," kata Matthew.

Start-up company yang berawal menyuplai kebutuhan company yang bergerak di hotel, restoran dan katering itu berdiri sejak 2018 di bawah naungan PT Berkah Tani Sejahtera. Kini, FreshBox telah bekerja sama dengan ratusan klien ternama di bidang hotel dan restoran.

Pada akhir tahun 2018, FreshBox mulai masuk ke dalam industri marketplace di Indonesia, yaitu ke JD.ID dan Blibli.com, dan FreshBox juga mulai membuka offline store pertamanya di Mall of Indonesia (MOI), Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Dua tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2020, FreshBox berinovasi meluncurkan aplikasi layanan daring untuk pelanggan skala rumahan. Aplikasi ini bisa diinstall untuk smartphone Android maupun iOS. Selain itu ada juga lima offline store yang berada di Mall of Indonesia (MoI), Citywalk Gajahmada, ITC Kuningan, Gandaria dan yang terbaru di Urban Farm PIK (Pantai Indah Kapuk).

Selain fokus pada pengembangan offline store, FreshBox juga fokus pada penyediaan layanan pada main supplier seperti JDFreshmart, Shopee seger dan GOfresh.

Dengan konsep jadwal produksi antar petani, kerja sama ini menekan risiko hasil panen tidak terjual sekaligus membatasi persaingan di mereka.

Untuk distribusi, FreshBox juga memakai armada yang dilengkapi dengan chiller yang siap mengantar sampai ke pelanggan dalam kondisi segar dan berkualitas. Bahkan untuk menjangkau pelanggan lebih jauh dan lebih banyak lagi, FreshBox telah bekerjasama dengan Bluebird Group untuk memastikan setiap pesanan akan sampai tepat waktu pada konsumen.

Matthew juga menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang mereka unggulkan, di nya adalah komitmen pengiriman H+1 untuk menjaga kepuasan pelanggan, memiliki kebun sendiri sehingga produk baik kualitas maupun ketersediaannya bisa dipastikan, dan juga memiliki in-housefleet sendiri.

Baca juga: Chilibeli hadirkan paket sembako khusus

Baca juga: Sayurbox kenalkan fitur bayar tunai hingga pengn instan

Baca juga: Tips berbelanja sayur dan buah daring di masa PPKM darurat

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © 2021