Breaking News in Indonesia

Anies Kunjungi SD di Pulau Untung: Kami Ingin Berikan Kualitas Sama di Seluruh DKI

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengaku sempat melakukan tinjauan ke SDN Untung Jawa 01 Pagi, Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu pada Sabtu (1/5). Kunjungan ini merupakan yang pertama kalinya sejak sekolah tersebut diresmikan.

“Hari ini menyempatkan mampir dan melihat SDN Untung Jawa 01 Pagi, dulu saat diresmikan saya hanya menghadiri secara virtual. Alhamdulillah, kali ini bisa melihat langsung bangunan fisik sekolah,” kata Anies dalam keterangan tertulisnya, Minggu (2/5).

Dia mengungkapkan, sekolah yang dibangun seluas 5.000 meter persegi tersebut juga menampung untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Bunga Mawar dan Taman Kanak-kanak (TK) Negeri Untung Jawa 01. Sebanyak 379 siswa menimba ilmu di sekolah tersebut.

Untuk fasilitasnya pun tak berbeda dengan sekolah lainnya di DKI Jakarta. Yakni meliputi guiding block untuk tunanetra hingga tangga landai untuk kursi roda (ramp).

“Ikhtiar kami jelas yakni ingin memberikan kualitas pendidikan yang sama merata di seluruh daerah DKI Jakarta baik, yang di daratan maupun kepulauan. Sehingga, kami dirikan sekolah yang memiliki standar mutu sama dengan yang ada di daratan,” ujar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Sebelumnya, Anies menginap di pulau yang pernah dijuluki Nochtwachter atau 'Sang Penjaga Utara' dan kini dinamakan Pulau Sabira, Kepulauan Seribu, Jakarta, Jumat (30/4) malam.

“Kami bermalam di sini, silaturahmi dengan warga, kemudian akan ngobrol dan diskusi dengan warga, baru nanti Insya Allah besok kembali ke Jakarta,” kata Anies.

Dia menginap di rumah Ketua RW 03 Kelurahan Pulau Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu, Ali Kurniawan. Anies menjadi satu-satunya Gubernur DKI Jakarta yang menginap di pulau terdepan di Provinsi DKI Jakarta itu.

“Saya datang ke sini pada April 2019, lebih tepatnya dua tahun yang lalu. Kira-kira 20 tahun, kosong, tidak pernah dan tidak ada gubernur yang datang seperti ini,” terangnya.

Dia mengatakan, Pulau Sabira memang secara hitungan kilometer lebih dekat ke daratan Sumatera daripada daratan Pulau Jawa. Tapi Pulau Sabira tetap bagian dari Provinsi DKI Jakarta.

“Hitungan kilometer bisa saja jauh dari Monas, tapi perasaan, hati, dan ikatan kebersamaan kami amat kuat dan amat dekat. Walaupun hitungan kilometernya jauh,” jelasnya.

Anies juga bisa Salat Isya dan tarawih berjemaah dengan warga Pulau Sabira di Masjid Jami' Nurul Bahri, Kelurahan Pulau Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu.

Jemaah salat pada malam 18 ramadan itu pun membeludak, tak hanya karena jarak saf yang sengaja direnggangkan oleh penanda dari lakban kuning. Tapi karena saat itu, pemimpin DKI Jakarta ikut melaksanakan salat berjamaah bersama warganya.

Reporter: Ika Defianti
Sumber: Liputan6.com [fik]