Anak Wajib Cuci Tangan Setelah Beraktivitas

Irene

Anak Wajib Cuci Tangan Setelah Beraktivitas

Mencuci tangan menjadi agenda wajib yang harus dilakukan selama pandemi covid-19. Tak hanya bagi orang dewasa, anak-anak juga tak luput dari kewajiban untuk cuci tangan. Namun, banyak orang tua yang mengajarkan si kecil untuk cuci tangan ketika ingin makan saja.

Padahal, menurut dr. Efmansyah Iken Lubis, MM, Ketua Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) Komisariat Jakarta Selatan, menyarankan anak untuk mencuci tangan sesering mungkin.

“Paradigma lamanya mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Padahal tangan bisa menyentuh apapun saat naka main, tau-tau anak kucek mata, pegang hidung, masuk tangan ke mulut, kuman atau bakteri bisa masuk ke dalam tubuh,” ujar dr. Iken dalam acar Virtual Lifebuoy Jangkau Lebih dari 100 Juta Tangan Bersih di Indonesia, seperti yang dikutip dari Fimela.com.

dr. Iken menekankan pentingnya cuci tangan sesering mungkin. Misalnya ketika anak selesai beraktivitas dan bermain.

Tak hanya dengan air saja, mencuci tangan juga harus menggunakan sabun. dr. Iken mengatakan sabun dapat menghancurkan lemak atau lipid pada virus di tangan kita.

“Apalagi virus Covid-19 ini, lemaknya sangat kuat jadi diharuskan untuk mencuci tangan pakai sabun agar lemak tersebut hancur,” tambahnya.

jadi, jangan lupa untuk selalu ingatkan buah hati untuk sering cuci tangan, tidak hanya saat ingin makan, tapi juga saat selesai melakukan aktivitas supaya terhindar dari covid-19.

Sumber : Fimela.com
Reporter : Anisha Saktian Putri [ttm]

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak
Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Next Post

Jokowi Dorong Akses Vaksin Covid-19 Dibuka bagi Semua Negara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan saat ini terdapat beberapa hal yang perlu menjadi fokus perhatian negara-negara G20 di tengah situasi pandemi. Salah satunya yaitu kata Jokowi pemulihan kesehatan. “Pendanaan bagi pemulihan kesehatan. Dunia tidak akan sehat kecuali semua negara sudah sehat. Vaksin adalah salah satu amunisinya,” ujarnya dalam sesi pertama […]