Breaking News in Indonesia

Ampuh Hilangkan Stres, Ini 4 Alasan Kucing Menyukai Belaian

Kucing satu dengan yang lain mungkin memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Tapi ada satu hal yang disukainya, yaitu belaian. Banyak penelitian yang menyebutkan kebiasaan membelai anabul dapat mengurangi kecemasan dan stres. Bukan hanya bermanfaat bagi pemiliknya saja, ternyata ini alasan kucing suka dielus.

Mendapat Perhatian yang Diinginkan

©Shutterstock

Beberapa kucing trlihat lebih suka menyendiri dan tidak tertarik dengan apa yang dilakukan oleh penghuni rumah lainnya. Sebaliknya, ada juga anabul yang tanpa ragu menunggu pemiliknya pulang dan berlari menghampirinya untuk mendapatkan belaian. Kucing menyukai perhatian, baik tepukan lembut di punggungnya saat meletakkan mangkuk makanannya atau meringkuk di sofa, membelai kucing dapat membuatnya merasa dicintai.

Menandai Pemiliknya

©Shutterstock

Kucing memiliki kelenjar aroma di sekitar tubuhnya, seperti pangkal ekor, sudut mulut, di bawah dagu mereka, pipi, belakang telinga, dan pelipis. Anabul akan sering menggosokkan bagian tubuh ini ke furnitur, kucing lain, dan manusia, untuk menandainya dengan aroma atau feromon. Bukan kebetulan bahwa area di mana kucing memiliki kelenjar aroma juga merupakan area favoritnya untuk dibelai.

Memperkuat Ikatan Sosial

©Shutterstock

Membelai kucing dapat membantu memperkuat ikatan sosial. Sesi belaian secara rutin membuat anabul merasa menjadi anggota keluargamu dan hal itu dapat membantunya merasa lebih percaya diri dan nyaman. Selain itu, mendapatkan belaian di tengah kecemasan yang dirasakan oleh hewan peliharaan dapat membantunya mengatasi stres, misalnya saat dibawa ke dokter hewan atau menghadapi perubahan rutinitas.

Membantu Kucing untuk Grooming

©Shutterstock

Pernah melihat kucing mengulurkan cakarnya ke pipi dan telinganya? Tampak menggemaskan, rupanya ini cara anabul untuk membersihkan diri.

Dikenal memiliki kebiasaan merawat diri sendiri, ada satu area yang tidak dapat dijangkau kucing karena berada tepat di atas kepalanya. Mendapatkan belaian dari pemiliknya terasa menyenangkan, seperti yang dilakukan oleh induknya saat menjilati bagian atas kepala anak kucingnya.

Paling suka dielus di bagian punggung maupun bawah dagu, tak jarang kucing akan membalas perhatian yang didapat dengan menjilat pemiliknya. Sayangnya, tak sedikit yang malah jadi risih karena masih menganggap liurnya najis. Untungnya, hal ini hanya mitos, apalagi jika didukung dengan menyediakan brand makanan kucing yang sudah berlabel halal seperti Muezza.

©Muezza

Mengantongi sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand, pemiliknya kini jadi lebih leluasa membelai anabul tanpa was-was terjilat, memegang makanannya, menyimpan dry food di mana saja, atau membersihkan peralatan makan di tempat cuci piring yang sama. Selain itu, cat food ini dibuat hanya dari bahan aman dan alami serta diolah dengan teknologi modern, tanpa tambahan bahan sintetik.

Membantu menjaga kucing tetap sehat dan aktif, ada 4 varian rasa yang bisa dipilih untuk memenuhi selera makannya. Ada Salmon Flavor, Tuna Flavor, Ocean Fresh, dan Mackerel Flavor, dapatkan Muezza pilihanmu cukup dengan memesannya via Shopee dan Tokopedia. [eth]

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia [tmi]