Airlangga Ingatkan Perlunya Antisipasi Kenaikan Harga Pangan Jelang Idul Fitri

Irene

Semua pihak harus mendorong gerakan ketahanan pangan. Karena pangan merupakan esensial dalam ekonomi. Terutama di saat pandemi Covid-19 seperti saat ini, agar seluruh masyarakat dapat memenuhi kebutuhan pangannya dengan harga terjangkau.

“Umumnya di negara kita saat Ramadhan atau menjelang hari Raya Idul Fitri, harga pangan melonjak. Ini yang perlu diantisipasi, agar kebutuhan pangan masyarakat tetap terpenuhi,” kata Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto dalam keterangan tertulisnya, Minggu (7/3).

Airlangga mengatakan, untuk mewujudkan ketahanan pangan ini, semua pihak termasuk partai politik penting mendukung upaya-upaya seperti perhatian kepada nilai tambah petani, mendorong orientasi ekspor, pemberian KUR, pengembangan urban farming seperti hydroponic serta food estate yang saat ini sedang dibuat percontohannya di dua lokasi, yaitu Kalimantan Tengah dan Sumatra Utara. Dia mengharapkan keberhasilannya bisa diimplementasikan di area lainnya sehingga ketahanan pangan dan daya saing Indonesia bisa membaik.

“Yang terpenting adalah upaya yang dilakukan harus berorientasi aksi, dan bisa diimplementasikan,” ujarnya.

Sementara itu, Bustanul Arifin menyoroti, selama pandemi Covid- 19 bahwa pertanian menjadi bantalan resesi ekonomi bagi Indonesia.

“Pertumbuhan sektor pertanian 1,75% pada 2020, meskipun lebih rendah dari 3,61% tahun 2019, tetapi jauh lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi makro yang terkontraksi atau minus 2,07% pada 2020,” ujar Guru Besar Ilmu Ekonomi Pertanian Unila itu.

Untuk itu, dia menambahkan, agar selama pandemi Covid-19 harus terus perlu dikawal dan dikendalikan pemulihan perekonomian nasional. Karena dampaknya pada ketahanan pangan dan kehidupan menjadi serius. [fik]

Next Post

Hasil UFC: Petarung Tuna Rungu Askar Askarov Menang

Jakarta, Indonesia — Askar Askarov petarung tuna rungu asal Dagestan sukses mengalahkan Joseph Benavidez pada duel tambahan UFC 259 di UFC Apex, Las Vegas, Minggu (7/3). Askarov menang angka telak atas Benavidez dalam duel tiga ronde di kelas bulu. Tiga juri yang bertugas Derek Cleary, Sal D’Amato, dan Tony Weeks memberi kemenangan […]