9 Makanan yang Harus Dihindari Agar Tak Kena Penyakit Jantung

Irene

Penyakit jantung menjadi kekhawatiran bagi sebagian besar masyarakat. Menurut data dari Puslitbang Biomedis dan Farrnasi, bahwa penyakit jantung menjadi peringkat pertama sebagai penyebab utama kematian di Indonesia pada tahun 2000.

Hasil penelitian oleh Riskesdas di 33 provinsi di Indonesia, menunjukkan bahwa penyakit jantung disebabkan oleh asupan makanan berlemak, yang dipanggang, yang diawetkan, penderita diabetes mellitus, aktivitas fisik tidak mencukupi, hipertensi, obesitas, dan berat badan kurang.

Asupan makanan menjadi sala satu acuan penting dalam pencegahan penyakit jantung. Apakah Anda sudah mengenal makanan apa saja yang harus dihindari?

Berikutmakanan yang harus dihindari agar tak kena penyakit jantung dari berbagai sumber,

1 dari 9 halaman

Makanan Cepat Saji

Makanan yang harus dihindari pertama kali untuk penderita penyakit jantung atau sebagai pencegahan ialah makanan cepat saji, seperti junkfood. Konsumsi daging olahan yang tinggi lemak trans dan karbohidratnya bisa berdampak buruk pada kesehatan jantung, menurut ahli kardiologi dari Universitas Hofstra, Regina Druz.

Makanan cepat saji seperti kentang goreng yang diolah secara konvensional atau deep fry. Hal itu akan menghasilkan lemak trans yang bisa meningkatkan kolesterol jahat dan mengalahkan jenis lemak baik.

Dalam riset yang lain menunjukkan bahwa orang yang konsumsi kentang goreng dua hingga tiga kali seminggu, berisiko besar meninggal lebih awal karena penyakit jantung.

2 dari 9 halaman

Daging Olahan dan Garam Berlebih

Makanan yang harus dihindari untuk mencegah penyakit jantung selanjutnya ialah daging olahan. Daging dalam hamburger yang dijual di restoran junkfood, juga salah satu yang harus Anda blacklist.

Dikutip dari hellosehat.com, bahwa daging olahan seperti sosis dan bacon mengandung lemak jenuh tinggi. Menurut asosiasi kesehatan jantung Amerika, enam potong daging olahan bisa mengandung garam setengah kebutuhan harian.

eckrich.com

Garam memang tidak termasuk jenis makanan, namun menjadi kunci utama rasa lezat dan nikmat yang dihasilkan. Hindari garam berlebih agar Anda tercegah dari penyakit jantung.

Masih dari sumber yang sama, seseorang harus membatasi asupan garam karena sodium berhubungan dengan tekanan darah tinggi, menurut Ketua Program Kesehatan Jantung Wanita dari Pusat Medis Universitas Negeri Ohio Laxmi Metha.

3 dari 9 halaman

Gula

weheartit.com

Jika Anda terlalu suka mengonsumsi gula, garam, dan lemak yang banyak, maka semakin tinggi pula risiko terkena penyakit jantung. Mulailah untuk mengurangi asupan gula dan makanan manis. Konsumsi gula yang tinggi berpotensi memunculkan obesitas, kolesterol tinggi, dan diabetes, yang semuanya menjadi faktor pemicu sakit jantung.

Manis yang dibutuhkan oleh tubuh bisa Anda peroleh dari berbagai macam buah sehat bagi jantung, seperti apel, alpukat, anggur, pepaya, jeruk, dan berbagai jenis buah lain.

4 dari 9 halaman

Margarin

okyusan7.blogspot.com

Makanan yang harus dihindari agar tidak terkena penyakit jantung berikutnya ialah margarin. Margarin menjadi pemicu tingginya lemak trans dalam tubuh yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

Jika Anda suka dengan olahan margarin, sebaiknya pilihlah yang tidak mengandung minyak terhidrogenasi parsial, atau gantikan dengan minyak zaitun.

5 dari 9 halaman

Soda

Pixabay

Soda yang selalu cocok jadi pendamping ketika menikmati junkfood seperti kentang goreng dan burger, memiliki kesamaan menjadi makanan yang harus dihindari. Kandungan soda dalam minuman dan makanan olahan bisa memicu lebih banyak kalori.

Bahan kimia dari soda bisa mengubah bakteri pencernaan dan membuat rentan mengalami kenaikan berat badan. Naiknya berat badan bisa menjadi tidak terkontrol, menyebabkan obesitas dan memicu penyakit jantung.

6 dari 9 halaman

Pizza

Pizza kini ada saja yang dibuat beraneka ragam dengan sayuran dan berusaha dibuat menjadi makanan menyehatkan. Namun sayangnya lebih banyak olahan pizza yang mengandung sejumlah lemak, sodium, dan kalori tinggi.

2020

Hindari konsumsi pizza, apalagi jika yang Anda nikmati dengan topping daging olahan. Pastinya risiko penyakit jantung semakin lebih kuat di tubuh. Gantilah topping dengan sayur, serta cara mengolah yang tepat.

7 dari 9 halaman

Gorengan

Shutterstock

Gorengan atau makanan yang digoreng tentu menjadi favorit seluruh masyarakat. Sayangnya, makanan ini harus Anda hindari sebagai pencegahan penyakit jantung. Beberapa studi telah membuktikan, bahwa memasak dengan digoreng akan memunculkan lemak trans.

Lemak trans dari minyak akan meningkatkan kadar kolesterol jahat atau LDL dan memicu penyakit jantung.

8 dari 9 halaman

Mi Instan

2019 Tantri Setyorini

Mi instan selaku makanan andalan yang selalu menjadi penyelamat di kala kelaparan melanda dengan harga terjangkau. Di sisi lain, mi instan bisa meningkatkan risiko perubahan metabolisme, yang disebabkan oleh kandungan lemak jenuh, natrium yang tinggi, dan beban glikemik.

Bagi penderita sindrom metabolik cenderung memiliki tekanan darah tinggi dan berisiko penyakit jantung, stroke, serta diabetes.

9 dari 9 halaman

Alkohol

2013 /Shutterstock/Pathompong Chai-onnom

Minuman dan makanan yang mengandung alkohol juga harus Anda hindari agar tidak terkena penyakit jantung. Terlalu sering konsumsi alkohol akan menaikkan tekanan darah, kadar trigliserida tinggi, obesitas, serta berakibat pada penyakit jantung dan stroke.

Itulah beberapa makanan yang harus dihindari agar tak kena penyakit jantung, perlu Anda waspadai. Mulailah pola hidup sehat dan konsumsi makanan dengan gizi seimbang. Semoga bermanfaat.

[kur]

Next Post

Jokowi Ingin Venue Piala Dunia Basket 2023 Disiapkan Sesuai Standar

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta kementerian terkait untuk menyiapkan venue atau arena untuk pertandingan Piala Dunia Basket FIBA 2023, sesuai standar yang ditetapkan. Indonesia diketahui menjadi salah satu tuan rumah dalam ajang pertandingan internasional itu. “Saya minta agar venue yang akan digunakan sebagai tempat tanding disiapkan sesuai standar yang […]