Breaking News in Indonesia

5 Aksi Kucing yang Dianggap Nakal, Dorongan Naluri Alami Jadi Penyebab Utamanya

Setiap harinya, kucingmu akan menunjukkan perilaku unik yang mampu menghibur pemiliknya. tapi terkadang, ada beberapa aksinya yang dilabeli ‘nakal’, mulai dari mencakar furnitur, mengunyah plastik, melompat ke atas meja, hingga buang air di luar litterbox. Sering memicu frustasi, namun masalah ini bisa jadi bukan salah asuh atau sifat anabulmu, melainkan dipicu oleh insting alaminya.

Berada di Ketinggian

©Shutterstock

Menemukan kucingmu duduk di meja atau bertengger di atas kendaraan? Naluri berperan besar dalam menentukan kebiasaan kucing yang satu ini.

Cakarnya yang tajam memungkinkannya untuk memanjat pohon, baik untuk menjaga keselamatan dirinya atau menunggu mangsa. Sulit untuk menghentikan insting alaminya, coba tawarkan tempat khusus untuk melakukannya dengan lebih aman dan tanpa mengganggu aktivitas pemiliknya.

Mencakar

©Shutterstock

Siapa pun tentunya tak ingin perabotan rumahnya rusak karena cakaran kucing. Sebenarnya, anabulmu memiliki beragam alasan untuk mencakar, termasuk menghilangkan lapisan luar kukunya, melatih otot, hingga meninggalkan aroma khasnya. Daripada memarahi atau mendisiplinkan hewan peliharaanmu, temukan cara untuk menunjukkan area di rumah khusus untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mencakar, misalnya menyediakan media untuk dicakar.

Bermain Agresif

©Shutterstock

Kucing membutuhkan stimulasi mental dan fisik untuk membuatnya bahagia dan sehat. Jika tiba-tiba anabulmu menyerang terutama saat sedang diabaikan, ini tandanya hewan perilakumu sedang berusaha menunjukkan rasa bosan dan ingin bermain. Luangkan waktu khusus untuk kucingmu, tawarkan beberapa mainan yang disebar di berbagai area rumah, hingga mempertimbangkan merawat satu anabul lagu sebagau teman.

Mengeong Berlebihan

©Shutterstock

Kesulitan berkomunikasi dengan pemiliknya, kucingmu mengandalkan mengeong untuk memberitahumu jika sedang membutuhkan sesuatu. Mulai dari meminta perhatian, stres, hingga mengalami kesakitan terutama saat mencoba mengangkatnya. Kenali nada suaranya untuk mencoba membedakan keinginan anabulmu dan sering mengajaknya bermain untuk mengatasi rasa bosan dan cemas.

Mengunyah Benda Aneh Selain Cat Food

Sebagai pemilik kucing tentunya akan merasa khawatir saat mengetahui kebiasaan hewan peliharaannya yang menyantap benda-benda aneh selain makanan. Dikenal dengan istilah pica, kebiasaan memakan yang bukan makanan ini bisa dipicu gangguan pencernaan dan kecemasan.

Alihkan perhatiannya dari benda yang dapat memicu gangguan kesehatan saat tertelan, dengan mainan atau cat food untuk membuatnya menjauh. Termasuk hewan yang cerdas, melatih trik ini secara terus-menerus akan membebaskanmu dari rasa khawatir.

Soal pemberian treat, tak perlu ragu memegang atau memberikannya secara langsung pada anabul karena sudah mendapatkan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Begitu juga saat menyimpan cat food, membersihkan food bowl di tempat cuci piring, atau membawanya bepergian.

©Shutterstock

Terjamin halal, brand makanan kucing kering ini membantu anabul tetap sehat dan aktif. Diformulasikan oleh ahli gizi, kandungannya berasal dari bahan alami dan bebas dari bahan tambahan sintetik yang dapat mengganggu kesehatan hewan peliharaanmu. Muezza pun menawarkan 4 varian rasa yang dapat menjaga selera makannya dan bisa didapatkan secara online di Shopee dan Tokopedia. (*/eth)

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia [wri]