Breaking News in Indonesia

34 Ketua DPD Bacakan Ikrar Kesetiaan di Depan AHY, Demokrat Sebut Peluang KLB Pupus

34 Ketua DPD Bacakan Ikrar Kesetiaan di Depan AHY, Demokrat Sebut Peluang KLB Pupus

Seluruh Ketua DPD Partai Demokrat se-Indonesia membacakan ikrar kesetiaan terhadap konstitusi Partai Demokrat yang menetapkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai ketua umum hasil Kongres V Partai Demokrat.

Pembacaan Ikrar dilaksanakan di hadapan AHY di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/2). Ikrar dibacakan Ketua DPD Partai Demokrat Sulawesi Selatan Ni'matullah yang didampingi 33 ketua DPD Partai Demokrat lainnya.

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan, ikrar ini menutup peluang terjadinya Kongres Luar Biasa (KLB) secara konstitusional.

“Ikrar para Ketua DPD Partai Demokrat se-Indonesia ini sekaligus membuat pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat secara konstitusional, tidak mungkin terjadi,” kata Herzaky melalui siaran pers, Kamis (25/2).

Ia menjelaskan, KLB secara konstitusional tidak mungkin terjadi karena harus mendapatkan persetujuan 2/3 Ketua DPD pemilik suara. 100 persen atau 34 DPD sudah menyampaikan ikrar kesetiaan kepada hasil Kongres V yang menetapkan AHY sebagai ketua umum Partai Demokrat yang sah.

Dalam poin kedua ikrar tersebut juga disebutkan pada Ketua DPD Partai Demokrat bertekad melawan pelaku Gerakan Pengambilalihan Kepemimpinan Partai Demokrat (GPK-PD), termasuk meminta DPP untuk melakukan pemecatan terhadap kader yang berkhianat, dan melanggar etika politik.

Para Ketua DPD Partai Demokrat se-Indonesia bertekad untuk membangun dan membesarkan Partai Demokrat yang sedang bangkit dan diterima publik sebagai partai yang senantiasa memperjuangkan harapan rakyat.

“Ikrar para Ketua DPD Partai Demokrat se-Indonesia ini menggambarkan kesolidan Partai Demokrat secara nyata dalam menyikapi GPK-PD,” pungkas Herzaky. [bal]