18 Finalis Festival Kreatif Lokal 2020 yang Wajib Kamu Tahu

Irene

18 Finalis Festival Kreatif Lokal 2020 yang Wajib Kamu Tahu

Bukan perkara mudah membangun bisnis, apalagi jika di bidang yang belum begitu mainstream. Namun, bukan berarti tak ada jalan untuk mencapai titik kesuksesan. Inilah yang dibuktikan oleh beberapa pelaku usaha UMKM dari beragam kategori saat mengikuti Festival Kreatif Lokal 2020.

Setelah melalui proses penjaringan, penyaringan, hingga penjurian, muncullah 18 finalis dari ajang tersebut. Masing-masing memiliki keunikan produk, usaha, hingga mampu memberikan dampak nyata bagi masyarakat sekitar. Berikut daftar 18 finalis Festival Kreatif Lokal 2020 yang wajib kamu tahu.

Kategori Fashion

©Semilir

Ezmour

Didirikan oleh Reza Yuliani asal Bogor, Ezmour bergerak di bidang usaha di bidang fashion yang fokus memproduksi tas dan sepatu kulit. Kini omzet Ezmour mencapai Rp500 juta per bulan.

Semilir

Semilir didirikan oleh Alfira Oktaviani. Semilir memiliki keunikan usaha yang bergerak dibidang ecofashion bertema ecoprint mengusung konsep ethical fashion. Omzet Semilir kini bisa mencapai Rp50 juta per bulan.

Balabalabear

Usaha ini didirikan oleh Ajeng Pangestu. Balabalabear memproduksi pakaian anak sesuai fitrahnya yang nyaman, colorful dan model yg ditujukan untuk anak anak. Omzet usaha ini mencapai Rp12 juta per bulan.

Kategori Kriya

©DEKARDEKORShop

DEKARDEKORShop

Muhammad Ikhwan Tariqo adalah sosok di balik berdirinya usaha ini. DEKARDEKORShop merupakan usaha kreatif yang memproduksi hiasan dinding berupa poster kayu, menggunakan bahan kayu MDF yang dipadukan dengan design kreatif, sehingga tercipta produk yang bernilai seni tinggi namun ekonomis. Per bulan usaha ini bisa meraup omzet hingga Rp100 juta.

Tenun eBoon

Tenun eBoon merupakan usaha yang bergerak di bidang produksi dan penjualan tenun ikat dan tenun songket, dalam bentuk kain dan fashion. Usaha ini didirikan oleh Novita Ratnasari. Kini omzetnya mencapai Rp40 juta per bulan.

Bangsawan Indonesia Tekstil

Bergerak di bidang batik tulis, usaha ini didirikan oleh Nur Kholis yang berasal dari Gresik. Bangsawan Indonesia Tekstil memiliki motif batik sendiri yang diberi nama KAWULO ALIT. Kini omzet usaha mereka bisa mencapai Rp100 juta per bulan.

Kategori Pertunjukan

©Serumpun Lima

Congwayndut

Usaha kami bergerak di bidang jasa entertainment, sebagai alternatif
tontonan dalam menikmati seni pertunjukan wayang di masa kini. Didirikan oleh Muh Subhan, Congwayndut kini memiliki omzet hingga Rp60 juta per bulan.

Serumpun Lima

Serumpun Lima yang didirikan oleh Andin Destian fokus pada pengembangan seni pertunjukan tradisional di Balikpapan. Serumpun Lima merangkaul pekerja seni remaja. Omzet mereka per bulan mencapai Rp9 juta.

Baskoro Manjer Kawuryan Theatre

Masih dari seni pertunjukan tradisional, Baskoro Manjer Kawuryan Theatre berupaya mempertahankan nilai luhur bangsa lewat seni teater dan drama. Usaha yang didirikan oleh Arief Baskoro ini mampu meraup omzet hingga Rp7 juta per bulan.

Kategori Fotografi

©Smagz Studio

Kotak Narsis

Pertama kali didirikan oleh Ahyar Muawwal, usaha ini bergerak di bidang fotografi, photobooth wedding dan seouvenir. Kotak Narsis turut menjadi pioner di bidang dokumentasi foto online dan offline di Makassar. Kini usaha ini bisa meraih omzet hingga Rp20 juta per bulan.

Smagz Studio

Usaha yang didirikan oleh Cecep Cahyana ini bergerak di bidang studio fotografi, videografi dan desain grafis. Uniknya, Smagz Studio bermula dari sebuah komunitas, dan kini mampu menghasilkan omzet hingga Rp45 juta per bulan.

Mball Digital

Mball Digital bergerak di bidang fotografi. Usaha yang dirintis oleh Muhammad Agus Mahardika ini memberikan free shot untuk para UMKM lokal sebagai bentuk dukungan dan bantuan sukarela terhadap usaha sesama pengusaha lokal. Omzet mereka sebesar Rp60 juta per bulan.

Kategori Kuliner

©Dapur Chantique

Dapur Chantique

Bergerak di bidang usaha kuliner produk kue, Dapur Chantique didirikan oleh Rahayunintyasworo. Produknya telah memiliki aneka varian dan rasa dipasarkan oleh 40 outlet toko kue dan oleh-oleh yang tersebar di kota-kota di Jawa Timur. Omzet mereka sebesar Rp200 juta per bulan.

Dewi Home Crab

Usaha ini memproduksi olahan kuliner khas wilayah Kramat (Pantura) yang berbahan baku ranjungan seperti nugget, empe-empe, dan kerupuk yang unik dan memiliki ciri khas tersendiri. Dewi Home Crab yang didirikan oleh Dewi Fatimah ini mampu meraih omzet hingga Rp600 juta per bulan.

WAYO Strawberry

WAYO Strawberry pertama kali dirintis oleh Yulia Angelina Kurniawan Ang yang bergerak di bidang pemasaran produk buah strawberry, buah-buahan lain serta sayuran yang berasal dari petani lokal. Usaha ini mampu meraup omzet hingga Rp200 juta per bulan.

Kategori Videografi

©Aceh Documentary

Aceh Documentary

Usaha yang didirikan oleh Faisal Ilyas ini merupakan lembaga edukasi, produksi dan apresiasi film dan riset pengembangan film berbasis komunitas, satu-satunya di Indonesia yang konsisten sejak 2013. Omzet usaha mereka bisa mencapai Rp70 juta per bulan.

Riplay Studio

Riplay Studio merupakan usaha yang bergerak di bidang videografi tepatnya berupa Studio Animasi. Usaha yang didirikan oleh Andy Said Tandio ini telah menghasilkan konten yang diminati negara tetangga. Omzet mereka mencapai Rp50 juta per bulan.

Kisah Bersama Studio

Didirikan oleh Anggi Kurniawan, Kisah Bersama Studio merupakan ekosistem kreatif berbasis video/film di Banda Aceh. Usaha ini mampu menghasilkan omzet hingga Rp40 juta per bulan.

Itulah seluruh finalis Festival Kreatif Lokal 2020 dari berbagai kategori. Adapun Festival Kreatif Lokal 2020 sendiri adalah kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Adira Finance bekerjasama dengan Kemenparekraf RI bertemakan #BangkitBersamaSahabat yang diadakan mulai Agustus 2020 hingga Januari 2021 mendatang. Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan Adira Finance terhadap program Kemenparekraf RI #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia. [tmi]

Next Post

Ini Rekayasa Lalu Lintas di Jalan KS Tubun-Petamburan saat Pernikahan Putri Rizieq

Pentolan Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Syihab hari ini dijadwalkan menikahkan putri keempatnya, Syarifah Najwa Shihab, Sabtu (14/11). Polisi bakal melakukan rekayasa lalu lintas guna menghindari kemacetan di sekitar lokasi. Kepolisian menyiapkan skenario pengalihan arus lalu lintas di ruas Jalan menuju kediaman Rizieq, Jalan Petamburan III, Jakarta Pusat. Polisi […]