13.591 Orang Melakukan Perekaman e-KTP Selama Libur Panjang

Irene

13.591 Orang Melakukan Perekaman e-KTP Selama Libur Panjang

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tetap melayani warga selama tiga hari cuti bersama. Pada libur hari pertama atau Kamis (29/11), jumlah Dinas Dukcapil (Disdukcapil) Kabupaten/Kota yang lembur mencapai 318.

Sementara hingga hari ini tercatat 419 Disdukcapil Kabupaten/Kota di 34 provinsi yang melakukan pelayanan jemput bola (jebol) kepada warga. Pelayanan berupa pencetakan dokumen kependudukan Kartu Keluarga, Kartu Identitas Anak (KIA), KTP-elektronik atau e-KTP, akta-akta.

“Terdapat 419 Disdukcapil yang melakukan pelayanan. Adapun total perekaman e-KTP meningkat 19 persen menjadi 13.591 jiwa dengan e-KTP yang dicetak 60.615 keping. Semua e-KTP yang selesai dicetak langsung dibagi kepada pemohon di lokasi masing-masing,” kata Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh, Minggu (1/11).

Kemendagri mencatat terdapat 20 Disdukcapil Kabupaten/Kota dengan transaksi pembuatan akta, KK, KIA, surat pindah, perekaman dan pencetakan e-KTP tertinggi. Daerah tersebut yaitu Brebes, Garut, Serang, Kota Surabaya, Kota Tangerang, Kota Jakarta Barat, Bengkalis, Tasikmalaya, Sukabumi, Pekalongan, Pidie, Bima, Kutai Kartanegara, Tulang Bawang, Bogor, Cianjur, Buleleng, Tangerang, Jember, dan Bantaeng.

Zudan menilai sikap para ASN Dukcapil yang bekerja lembur di hari libur lebih dilandasi semangat militansi melayani masyarakat. Pihak Kemendagri pun kata Zudan berjanji akan memberikan penghargaan bagi Dukcapil yang melayani masyarakat saat hari libur.

“Bahwa Kemendagri berjanji memberikan reward berupa 20 mesin Anjungan Dukcapil Mandiri itu memang benar, namun saya yakin dari hati yang paling dalam semangat utamanya adalah membahagiakan masyarakat,” ungkap Zudan.

Sebelumnya diketahui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berharap para pelayan publik khususnya terkait pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) agar tetap membuka pelayanan kantor pada hari libur nasional serta cuti bersama. Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh mengatakan moment tersebut dapat dilakukan untuk akselerasi pelayanan perekaman dan pencetakan e-KTP.

“Mari kerabat Dukcapil kita lakukan jemput bola pelayanan perekaman data e-KTP dan pencetakan print ready record (PRR) atau data e-KTP lengkap siap cetak. Ini kita lakukan dengan niat tulus dan semangat militansi agar cakupan perekaman dan pencetakan KTP-el bisa mendekati 100 persen. Atau bagi wilayah Papua sekurangnya mencapai 70 persen,” kata Dirjen Zudan Arif Fakrulloh dalam keterangan pers, Kamis (29/10).

Dia juga menjelaskan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian akan memberikan apresiasi untuk para petugas Dukcapil Mandiri. Penghargaan tersebut akan diberikan pada 20 Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

“Bahkan Mendagri Tito Karnavian akan memberikan apresiasi yang tinggi dengan menyediakan reward berupa 20 Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) bagi daerah yang menunjukkan kinerja terbaiknya,” kata Dirjen Zudan memberikan semangat.

Diketahui Oktober 2020 terdapat cuti bersama tanggal 28 dan 30 dengan tanggal 29 libur nasional Maulid Nabi Muhammad SAW. Pada November terdapat 9 hari libur akhir pekan Sabtu-Minggu. Sedangkan pada Desember terdapat lima hari cuti bersama pada tanggal 24, dan 28-31 Desember serta 25 Desember libur nasional Hari Raya Natal. [gil]

Next Post

Jubir Erdogan dan Menteri Dalam Negeri Turki Positif Covid-19

Juru bicara Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Ibrahim Kolin, dan Menteri Dalam Negeri Sulaiman Soylu dites positif Covid-19. Dalam cuitannya di Twitter Kolin mengatakan dia sudah memasuki 'tahap akhir perawatan Covid-19' tapi tidak menyebut sudah berapa lama dia positif. “Saya sudah semakin membaik,” kicaunya di Twitter, seperti dilansir laman Al […]