Headline berita terbaru Indonesia, analisis | Latest breaking Indonesian news headlines

Medigene AG Umumkan Pemilihan Utama untuk MDG2011 yang Mewakili Terapi TCR-T Pertama dari Perpustakaan KRAS-nya

Planegg/Martinsried, 18 September 2023. Medigene AG (Medigene, “Perusahaan”, FSE: MDG1, Prime Standard), sebuah perusahaan platform imunonkologi yang berfokus pada penemuan dan pengembangan imunoterapi sel T untuk tumor padat, mengumumkan hari ini bahwa mereka telah memilih kandidat utama mereka untuk MDG2011, sebuah terapi sel T reseptor antigen T sel yang direkayasa (TCR-T) yang menargetkan KRAS (Kirsten tikus sarkoma virus onkogen homolog) G12V dengan HLA-A*11 dan dikembangkan dalam kombinasi dengan teknologi protein sakelar kostimulatori PD1-41BB (CSP) Perusahaan.

Platform end-to-end (E2E) Medigene, telah berhasil menghasilkan tidak satu tetapi tiga KRAS G12V-HLA-A*11 TCR, masing-masing dengan pola pengenalan HLA-A*11 subtip yang berbeda-beda yang melebihi kriteria seleksi Perusahaan untuk TCR yang sangat spesifik, sensitif dan berpotensi lebih aman (3S). Setelah menggunakan algoritma paten milik Medigene untuk mengevaluasi karakteristik unik dari masing-masing 3S TCR, termasuk spesifisitas peptida, pengenalan sel tumor dan toksisitas di luar target, Perusahaan telah memprioritaskan salah satu dari 3S TCR sebagai pemimpin untuk maju ke tahap pra-klinis untuk program MDG2011 Medigene.

“Pendekatan unik dari platform E2E kami untuk menghasilkan dan mengoptimalkan 3S TCR, terus memberikan di atas ekspektasi dan kami sangat senang telah disajikan dengan tantangan positif harus memilih pemimpin dari tiga kandidat kuat untuk program MDG2011 kami yang menargetkan KRAS G12V-A11,” kata Dr. Selwyn Ho, Chief Executive Officer di Medigene.

“Pemilihan TCR utama mKRAS (KRAS mutan) ini lebih jauh memvalidasi kemampuan kami untuk menghasilkan 3S TCR di antara neoantigen dan antigen kanker-testis. Dengan menggabungkan semua TCR kami dengan protein sakelar kostimulatori PD1-41BB atau CD40L-CD28 kami, kami tetap yakin bahwa pendekatan kami akan secara konsisten menghasilkan terapi TCR-T kelas terbaik yang mengarah pada hasil yang lebih baik bagi pasien yang menderita tumor padat yang sulit diobati. Kami berharap dapat menyajikan data pra-klinis pertama pada MDG2011 di konferensi ilmiah mendatang pada kuartal terakhir 2023.”

Platform E2E Perusahaan terus menghasilkan 3S TCR dengan atribut unik yang menambah dimensi potensial terapi TCR-T Medigene serta untuk mengkonfirmasi upaya penelitian penemuan Perusahaan. Salah satu atribut tersebut adalah identifikasi kandidat TCR yang menunjukkan pengenalan bi-spesifik baik untuk mutasi KRAS G12V dan G12C. Upaya penemuan TCR terarah di masa depan akan memungkinkan identifikasi TCR G12C-spesifik yang optimal. Dua TCR KRAS G12V-A11 yang tersisa yang tidak dipilih untuk program MDG2011 akan ditambahkan ke pustaka TCR KRAS Medigene untuk program potensial di masa depan yang menyelaraskan visi produk dengan profil masing-masing TCR. Paten telah diajukan untuk masing-masing dari tiga TCR.

MDG2011 adalah program pertama dari perluasan pipeline Medigene ke dalam pustaka neoantigen (juga dikenal sebagai mutasi onkogen penggerak) yang terdiri dari beberapa mutasi KRAS dan HLA (antigen leukosit manusia) termasuk, tetapi tidak terbatas pada:

  • KRAS G12V-HLA-A*11 (MDG2011)
  • KRAS G12V-HLA-A*03 (MDG2012)
  • KRAS G12D-HLA-A*11 (MDG2021)

TCR ini akan dikombinasikan dengan protein sakelar kostimulatori PD1-41BB dan/atau CD40L-CD28 untuk meningkatkan penetrasi, proliferasi, persistensi dan fungsi sitotoksik yang ditingkatkan dari sel TCR-T Medigene sekaligus mengurangi efek supresi mikrolingkungan tumor.

Neoantigen adalah antigen spesifik tumor, yang memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan pemeliharaan tumor. Mutasi ini ditemukan di banyak tumor padat dan prevalensinya bervariasi tergantung pada jenis kanker. Pentingnya, jika hadir, mutasi ini ditemukan di setiap sel tumor. Mutasi KRAS dikenal luas sebagai mutasi onkogen paling umum dalam tumor padat yang sulit diobati yang ada di ~30% tumor padat, seperti kanker pankreas, kolorektal, endometrium dan paru-paru sel non-kecil. Insidensi global dari tumor padat yang mengekspresikan mutasi KRAS diperkirakan melebihi 300.000 pasien.

— akhir rilis pers —

Tentang Medigene AG

Medigene AG (FSE: MDG1) adalah perusahaan platform imunonkologi yang didedikasikan untuk mengembangkan terapi sel T untuk secara efektif menghilangkan kanker. Platform end-to-endnya, dibangun di atas beberapa teknologi generasi dan optimasi TCR eksklusif dan eksklusif, serta teknologi peningkatan produk, memungkinkan Medigene untuk membuat terapi TCR-T terbaik di kelasnya yang dibedakan, untuk beberapa indikasi tumor padat yang dioptimalkan untuk keamanan dan kemanjuran. Platform ini menyediakan kandidat produk baik untuk pipeline terapi internalnya maupun untuk kemitraan. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.medigene.com

Tentang Platform End-to-End Medigene

Imunoterapi Medigene membantu mengaktifkan mekanisme pertahanan diri pasien sendiri dengan memanfaatkan sel T dalam pertempuran melawan kanker. Platform end-to-end Medigene menggabungkan beberapa teknologi eksklusif dan paten untuk menciptakan terapi TCR-T terbaik di kelasnya. Platform tersebut mencakup beberapa teknologi generasi dan optimasi TCR (misalnya, Allogeneic-HLA (Allo-HLA) TCR Priming), serta teknologi peningkatan produk (misalnya, Protein Sakelar Kostimulatori PD1-41BB dan CD40L-CD28, Precision Pairing) untuk membantu pengembangan terapi TCR-T yang dibedakan. Kemitraan dengan beberapa perusahaan termasuk BioNTech, 2seventy bio, dan Hongsheng Sciences, terus memvalidasi aset & teknologi platform.

Tentang Sel TCR-T Medigene

Sel T berada di pusat pendekatan terapeutik Medigene. Imunoterapi Medigene membantu mengaktifkan mekanisme pertahanan diri pasien, dan memanfaatkan sel T dalam pertempuran melawan kanker. Terapi Medigene melengkapi sel T pasien sendiri dengan reseptor sel T (TCR) spesifik tumor yang menciptakan sel T dimodifikasi TCR dengan potensi yang ditingkatkan untuk mendeteksi dan membunuh sel kanker secara efisien.

Pendekatan Medigene terhadap imunoterapi dirancang untuk mengatasi toleransi pasien terhadap sel kanker dan supresi tumor yang diinduksi tumor. Dengan mengaktifkan sel T pasien di luar tubuh, memodifikasi mereka secara genetik dengan TCR spesifik tumor dan memperluas sel TCR-T teraktivasi yang dihasilkan, pasien dapat dengan cepat diberi jumlah besar sel T spesifik tumor untuk melawan kanker mereka.

Tentang Protein Sakelar Kostimulatori PD1-41BB Medigene

Inhibisi checkpoint melalui jalur PD-1/PD-L1:

Sel dari tumor padat sensitif terhadap aktivitas pembunuh oleh sel T teraktivasi tetapi dapat melarikan diri dari aktivitas pembunuhan ini dengan memproduksi molekul penghambat yang dikenal sebagai ‘protein checkpoint’, seperti Programmed Death Ligand 1 (PD-L1), pada permukaan mereka. Ketika ini terjadi, sel T teraktivasi yang mengekspresikan PD-1, reseptor alami untuk PD-L1, dinonaktifkan. Ekspresi PD-L1 adalah mekanisme resistensi imun adaptif untuk tumor yang dapat membantu mereka bertahan hidup dan tumbuh.

Jalur pensinyalan kostimulatori 4-1BB (CD137):

Respons imun sel T yang efektif terhadap antigen biasanya memerlukan stimulasi antigenik primer melalui reseptor sel T (TCR) dan sinyal kostimulatori. Domain pensinyalan intraseluler dari protein 4-1BB menawarkan jalur kostimulasi dan peningkatan respons sel T yang terkarakterisasi dengan baik.

Reseptor sakelar PD1-41BB Medigene mengubah mekanisme pertahanan diri tumor yang dicoba terhadap tumor dengan mengganti domain pensinyalan penghambat PD-1 dengan domain pensinyalan aktivator 4-1BB. Oleh karena itu, bukan menonaktifkan sel T, reseptor sakelar mengirimkan sinyal aktivasi ke sel TCR-T. Sel TCR-T yang dimodifikasi PD1-41BB berproliferasi kuat di hadapan sel tumor yang positif PD-L1 dan membunuh lebih banyak sel tumor pada paparan berulang. Selain itu, sinyal reseptor sakelar ini memungkinkan sel TCR-T berfungsi lebih baik dengan tingkat glukosa rendah atau tingkat TGFß tinggi, dua kondisi yang merupakan ciri mikrolingkungan tumor yang sangat bermusuhan.

Tentang Protein Sakelar Kostimulatori CD40L-CD28 Medigene

Jalur CD40L/CD40 memainkan peran utama dalam regulasi dan homeostasis imun. CD40L (liga