Headline berita terbaru Indonesia, analisis | Latest breaking Indonesian news headlines

Kongres European Society of Cardiology: Obat Tradisional Cina Qili Qiangxin secara signifikan mengurangi risiko kematian kardiovaskular dan rawat inap ulang akibat gagal jantung

AMSTERDAM, 30 Agu 2023 — Studi terbaru menunjukkan bahwa menambahkan Kapsul Qili Qiangxin TCM (dikembangkan dan diproduksi oleh Yiling Pharmaceutical) ke standar perawatan untuk gagal jantung dapat secara signifikan mengurangi risiko rawat inap ulang karena memburuknya gagal jantung dan kematian kardiovaskular pada pasien dengan gagal jantung kronis.

Pada 26 Agu, Prof. Xinli Li, seorang ahli dalam penyakit kardiovaskular, mengungkapkan hasil studi selama Kongres Masyarakat Kardiologi Eropa (ESC), sebuah konferensi akademik terkemuka di bidang kedokteran kardiovaskular, yang diadakan di Amsterdam, Belanda.

Pada 26 Agustus waktu setempat, Prof. Xinli Li menyampaikan presentasi akademik selama sesi Hot Line di Kongres ESC.
Pada 26 Agustus waktu setempat, Prof. Xinli Li menyampaikan presentasi akademik selama sesi Hot Line di Kongres ESC.

Prof. Xinli Li menunjukkan bahwa hasil uji klinis acak, ganda-buta, plasebo-terkontrol, multisenter yang melibatkan 3119 pasien dengan gagal jantung kronis, yang dilakukan di 133 rumah sakit di daratan Cina dan Hong Kong SAR, selama periode perawatan 12 hingga 36 bulan, mengungkapkan bahwa Kapsul Qili Qiangxin dapat mengurangi risiko kejadian titik akhir komposit primer, yang mencakup rawat inap ulang karena memburuknya gagal jantung dan kematian kardiovaskular, sebesar 22%.

Studi terkait dipublikasikan di jurnal kardiovaskular internasional bergengsi “Journal of the American College of Cardiology” (JACC) pada tahun 2013. Studi tersebut diakui oleh JACC sebagai sorotan prestasi akademik untuk tahun itu: “Studi tersebut menegaskan efikasi yang dapat diandalkan dari Kapsul Qili Qiangxin dan efek sinergisnya ketika dikombinasikan dengan perawatan medis Barat. Hal ini telah memberikan manfaat substansial bagi pasien gagal jantung.”

Pada 26 Agustus waktu setempat, Prof. Carolyn Sp Lam, Konsultan Senior di National Heart Centre Singapura, menyampaikan presentasi dan terlibat dalam diskusi selama sesi Hot Line di Kongres ESC.
Pada 26 Agustus waktu setempat, Prof. Carolyn Sp Lam, Konsultan Senior di National Heart Centre Singapura, menyampaikan presentasi dan terlibat dalam diskusi selama sesi Hot Line di Kongres ESC.

Studi ini diakui sebagai uji klinis acak, ganda-buta, plasebo-terkontrol pertama yang menargetkan hasil nyata dari penggunaan pengobatan tradisional Cina dalam pengobatan gagal jantung kronis. Selama Kongres, Prof. Carolyn Sp Lam, Konsultan Senior di National Heart Centre Singapura dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine, dan peserta diskusi yang diundang, menyoroti bahwa studi ini menawarkan bukti ilmiah yang kuat untuk Kapsul Qili Qiangxin—obat tradisional yang banyak digunakan oleh jutaan pasien gagal jantung di Cina. Bukti tersebut menegaskan obat tersebut dapat secara signifikan mengurangi kejadian kardiovaskular pada pasien dengan gagal jantung kronis, dan mengurangi risiko yang terkait dengan rawat inap ulang karena memburuknya gagal jantung dan kematian kardiovaskular, sekaligus menegaskan profil keamanan jangka panjangnya. Studi ini meningkatkan tingkat bukti klinis untuk pengobatan tradisional Cina dan membangun tolak ukur baru untuk bukti klinis dalam ranah pengobatan tradisional.