Breaking News in Indonesia

Zona Merah Covid-19 Tinggal 5 Kabupaten/Kota, Zona Oranye 301

Jakarta, Indonesia —

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mencatat zona merah atau wilayah dengan risiko penularan Virus Corona tinggi di Indonesia tinggal lima kabupaten/kota di tiga provinsi.

Hal itu berdasarkan data per 28 Maret. Sepekan sebelumnya, jumlah zona merah masih tercatat 10 daerah.

Lima kabupaten/kota yang tercatat masuk zona merah dalam pekan ini ada di tiga provinsi. Rinciannya, tiga kabupaten/kota di Provinsi Bali, yakni Kabupaten Buleleng, Kabupaten Tabanan, dan Kota Denpasar.

Selain itu, satu daerah di Kalimantan Tengah, yakni Kota Palangkaraya; dan satu daerah di Nusa Tenggara Timur (NTT), yakni Kota Kupang. 

Selain itu, penurunan juga terjadi dalam hal jumlah zona oranye atau wilayah dengan risiko sedang penularan Covid-19. Berdasarkan cacatan Satgas, pekan lalu masih ada 313 wilayah zona oranye. Sementara pekan ini tersisa 301 kabupaten/kota zona oranye.

Tercatat, empat kota administrasi di DKI Jakarta tergabung dalam zona oranye ini, mereka yakni Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara.

Sedangkan untuk zona kuning atau wilayah dengan risiko rendah penularan Covid-19 tersisa 201 wilayah. Jumlah itu mengalami kenaikan dari pekan lalu yang hanya mencatat 183 kabupaten/kota masuk dalam zona kuning.

Lihat juga:

Epidemiolog Kritik GeNose di Bandara: Potensi Covid Naik

Sementara itu, enam kabupaten/kota masuk dalam kategori zona hijau tidak ada kasus. Mereka yakni tiga daerah dari Sumatera Utara yakni kabupaten Nias Barat, Nias Selatan dan Nias Utara. Sementara tiga lainnya berasal dari kabupaten/kota masing-masing di Papua, Maluku, dan Maluku Utara.

Satgas Covid-19 juga mencatat satu wilayah yang tidak terdampak virus corona hingga saat ini adalah kabupaten Dogiyai di Papua. Data harian yang dirilis Satgas Covid-19 Rabu (31/3) juga mencatat mencatat terdapat penambahan kasus covid-19 baru sebanyak 5.937 orang pada kemarin

Kasus sembuh sendiri bertambah 5.635 kasus, kasus meninggal 104 kasus baru. Sehingga secara kumulatif, sebanyak 1.511.712 orang dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona.

Lihat juga:

Bertambah 5.937 Kasus, Positif Corona Jadi 1.511.712

Dari jumlah itu sebanyak 1.348.330 orang dinyatakan pulih, 122.524 orang menjalani perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri, sementara 40.858 lainnya meninggal dunia.

(khr/arh)

[Gambas:Video ]