Jakarta () – Personel grup idola Jepang AKB48, Yokoyama Yui, mengumumkan dirinya akan lulus dari grup yang membesarkan namanya tersebut dalam acara "MX Summer Festival AKB48 2021 Last Summer Party" yang diadakan di Hibiya Open Air Concert Hall Tokyo, Minggu (12/9).

"Saya, Yui Yokoyama akan lulus dari AKB48. Saya datang untuk meraih mimpi saya lebih jauh, jadi saya memutuskan untuk mengambil langkah maju," kata Yokoyama, dikutip dari Yahoo! Japan, Senin.

"Saya sangat bersyukur bahwa saya memiliki banyak pengalaman yang tak tergantikan dan penting," imbuhnya sambil menahan air mata.

Yokoyama akan mengadakan konser kelulusannya di AKB48 Theater pada tanggal 9 Desember.

Sementara itu, Yokoyama lulus audisi anggota generasi ke-9 AKB48 pada bulan September 2009. Dia kemudian dipromosikan ke Tim K pada bulan Oktober 2010 dan menjadi anggota tetap pertama dari generasi ke-9.

Setelah terpilih untuk pertama kalinya dengan single ke-21 "Everyday, Kachuusha" yang dirilis pada Mei 2011, ia aktif sebagai anggota utama (senbatsu) sejak saat itu.

Pada pertunjukan ulang tahun ke-9 AKB48 yang diadakan pada bulan Desember 2014, Minami Takahashi menominasikannya sebagai general manager grup, dan secara resmi menjabat pada pertunjukan ulang tahun ke-10 AKB48 pada bulan Desember 2015.

Dia adalah general manager AKB48 kedua selama 3 tahun dan 4 bulan sampai akhirnya ia menyerahkannya ke Mion Mukaichi pada 19 Maret ini. Yokoyama dikenal sebagai salah satu pekerja keras terbaik di grup, ia dipercaya oleh anggota dan staf.

Segera sebelum diambil alih oleh Mukaichi, Yokoyama mengaku bahwa dia "pada awalnya saya sangat khawatir, tertekan, dan menangis karena dibandingkan dengan Takahashi."

"Seiring berjalannya waktu, saya menjadi bisa berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar saya, saya bisa mengungkapkan pendapat saya sendiri, dan saya pikir saya bisa menjadi diri saya sendiri," ujarnya menambahkan.

Pada tahun 2011, ia bersama Yuko Oshima, Sashihara Rino, dan Rie Kitahara, bergabung di unit baru "Not Yet". Selain itu, dari November 2012 hingga Mei 2013, ia melakukan berbagai kegiatan, seperti merangkap sebagai anggota sister group NMB48.

Yokoyama juga merilis lagu kelulusannya dari AKB48 bertajuk "Kimi ga Inakunaru 12-gatsu" bersama dengan video musiknya.

"Saya bertemu dengan banyak anggota dan penggemar, dan saya sangat bersyukur bisa merasakan banyak pengalaman dengan AKB48. Saya harap Yokoyama Yui dari AKB48 bisa mengukir banyak kenangan bersama kalian. Saya tentu sangat senang jika kalian bisa terus mendukungku lebih jauh nantinya!" ujar wanita yang akrab disapa Yui-han itu melalui cuitannya.

Baca juga: Kashiwagi Yuki AKB48 rehat dari dunia hiburan

Baca juga: Konser kelulusan Miyawaki Sakura HKT48 dihelat Juni 2021

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © 2021