Wishnutama Beberkan Potensi Rp300 T dari Pariwisata

Farah

Menparekraf Wishnutama mengungkapkan, tahun lalu, ada 303 juta perjalanan wisatawan RI ke luar negeri. Potensi itu bisa dialihkan ke pariwisata domestik.

Jakarta, Indonesia —

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengatakan pelaku sektor pariwisata masih memiliki peluang menggenjot wisata domestik. Pasalnya, ia mengungkapkan sekitar 6 juta hingga 7 juta orang Indonesia melancong ke luar negeri tahun lalu.

Jutaan orang tersebut menghasilkan 303 juta perjalanan ke luar negeri dengan dampak perekonomian mencapai Rp300 triliun. Dengan pembatasan perjalanan wisata ke luar negeri, ia menilai potensi tersebut sebagai peluang besar pelaku sektor pariwisata dalam negeri.

“Ini adalah opportunity (peluang) yang sebenarnya belum diulik,” ujarnya dalam acara Penandatangan Nota Kesepahaman PHRI dan Air Asia, Rabu (16/12).




Melihat potensi tersebut, ia meminta pelaku usaha sektor pariwisata tidak putus asa. Meskipun, ia mengakui sektor pariwisata merupakan sektor yang terdampak paling besar dari penyebaran virus corona.

“Ini justru menjadi tantangan kita untuk dapat meng-capture potensi market yang tidak bisa keluar ini. Jadi, jangan putus asa dulu,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga meminta sektor aviasi mengubah strategi mereka dari membawa wisatawan ke luar negeri menjadi membawa turis ke dalam negeri. Dengan demikian, devisa negara pun turut bertambah.

[Gambas:Video ]

Menurutnya, sejumlah negara telah menerapkan strategi serupa seperti Thailand dan Uni Emirat Arab. Lewat strategi itu, kedua negara tersebut berhasil menggenjot sektor pariwisatanya.

“Saya harapkan walaupun sudah melandai covid-19, saya ingin ingatkan teman aviasi agar strategi aviasi kita bukan outbound tapi inbound. Jadi upaya kita ke depan aviasi harus cari potensi dari negara lain untuk bawa ke Indonesia,” katanya.

Lihat juga:

Syarat Lengkap Berkunjung ke Bali saat Libur Akhir Tahun

(ulf/sfr)


Next Post

Libur Akhir Tahun, Anies Tambah Tempat Tidur ICU dan Isolasi

Jakarta, Indonesia — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginstruksikan Kepala Dinas Kesehatan untuk menambah kapasitas tempat tidur rumah sakit rujukan Covid-19 di Jakarta. Perintah ini merupakan antisipasi lonjakan kasus positif Covid-19 di Ibu Kota. Perintah tersebut tertuang dalam Instruksi Gubernur Nomor 64 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pengendalian Kegiatan Masyarakat dalam Pencegahan […]