Jakarta () – Film "Wife of Spy" dari sutradara Kiyoshi Kurosawa mendapatkan penghargaan film terbaik di Asian Film Awards ke-15 yang diumumkan di Busan, Korea Selatan, Jumat (8/10). Asian Film Awards dihelat oleh Festival Film Internasional Tokyo, Busan dan Hong Kong.

"Wife of Spy" juga membawa pulang penghargaan lain, yakni penghargaan aktris terbaik untuk Yu Aoi, desain kostum terbaik untuk Haruki Koketsu.

Selain itu, aktris Aju Makita dari Jepang juga mendapatkan penghargaan aktris pendukung terbaik berkat aktingnya di "True Mothers", sementara film animasi "Demon Slayer Kimetsu no Yaiba-he Movie: Mugen Train" dapat penghargaan Highest-Grossing Asian Film of 2020.

China membawa pulang empat penghargaan, yakni sutradara terbaik untuk Yimou Zhang dalam film "One Second", pendatang baru terbaik Haocun Liu dalam film yang sama, editing terbaik untuk Yongyo Li di "Cliff Walkers" juga efek visual terbaik Crosbie Tim dan Wu Joy untuk "The Eight Hundred".

Sementara Korea lewat film "Voice of Silence" mendapatkan penghargaan sutradara baru terbaik untuk Hong Eui-jeong dan aktor terbaik Yoo Ah-in. Aktor Lee Byung-hun yang jadi cameo di serial Netflix "Squid Game" mendapat penghargaan Excellence in Asian Cinema.

Kim Hyun-bin di film "The Silent Forest" jadi aktor pendukung terbaik, "The Disciple" dari India raih penghargaan skenario terbaik, sedangkan sinematografi terbaik diberikan kepada "The Wasteland" dari Iran, demikian siaran pers Festival Film Internasional Tokyo dikutip Sabtu.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © 2021