Jakarta () – Aplikasi tulisan dari Kanada, Wattpad, telah menggabungkan studio film, TV, dan bukunya dengan Webtoon Studios, divisi hiburan dari Webtoon, platform komik digital yang dijalankan oleh Naver dari Korea Selatan.

Mengutip Hollywood Reporter, Jumat, ikatan untuk membuat Wattpad Webtoon Studios diharapkan setelah Naver mengakuisisi Wattpad sebesar 600 juta dolar AS untuk membuat platform dengan audiens bulanan global bersama 160 juta pengguna.

Naver telah berkomitmen 100 juta dolar AS dalam pengembangan dan pembiayaan produksi untuk proyek studio yang baru digabungkan, di bawah kepemimpinan Aron Levitz sebagai presiden.

Wattpad akan tetap berkantor pusat di Toronto di bawah kepemimpinan co-founder Allen Lau dan Ivan Yuen.

"Kami membawa era baru beragam suara dan IP yang luar biasa kepada audiens dan industri yang mencari keduanya. Bisnis menghabiskan miliaran dolar untuk menangkap IP 100 tahun terakhir. Kami melihat ke masa depan, dengan ratusan juta cerita baru untuk mendukung hits di layar dan rak buku bahkan untuk 100 tahun ke depan," kata Aron Levitz dalam sebuah pernyataan.

Wattpad menggunakan teknologi pembelajaran mesin berbasis data untuk mengidentifikasi dan memproduksi proyek hiburan dengan pemain internasional, termasuk Sony Pictures Television, Universal Cable Productions, dan Entertainment One.

Aplikasi tersebut juga telah berkolaborasi dengan Mediaset, Lagardere Studios dan Huayi Brothers Korea untuk mengidentifikasi dan mengembangkan acara TV dari unggahan cerita fiksi yang dibagikan di platform penerbitan daringnya.

Wattpad Webtoon Studios hadir dengan proyek yang sedang dikembangkan, termasuk "Float", yang akan dibintangi dan diproduksi oleh Robbie Amell; "What Happened That Night", diadaptasi oleh David Arata; "The Hound", dengan naskah oleh Angela LaManna ("The Haunting of Bly Manor" dari Netflix); dan "The Bad Boy's Girl", bermitra dengan Leone Film Group.

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © 2021