Uang Kripto Cetak 9 Miliarder Jadi Orang Baru Terkaya Dunia

Farah

Jakarta, Indonesia —

Investasi uang kripto membuat sembilan orang masuk ke dalam jajaran orang terkaya versi Forbes. Lonjakan nilai bitcoin dan mata uang kripto membuat sebagian investor mendulang untung.

Berdasarkan laporan Forbes, dikutip Kamis (8/4), ekonomi AS mulai merosot pada Maret 2020. Momentum ini membuat para investor panik dan melepas saham hingga aset berisiko lannya.

Harga bitcoin pun sempat anjlok 50 persen dalam satu hari. Penurunan ini diikuti oleh uang kripto lainnya.




Namun, dalam kurun waktu satu tahun, prospek aset digital tersebut putar arah. Bitcoin meroket sepanjang 2021, bahkan melampaui US$60 ribu per koin pada Maret.

Lonjakan ini turut mengerek uang kripto lainnya. Angin segar pun berhembus untuk uang kripto karena lembaga besar mulai menunjukkan dukungannya.

Dari Tesla hingga Paypal. Bahkan The Fed mulai menjajaki potensi dolar digital.

Pertumbuhan pasar uang kripto ini pun mendorong pemain masuk ke dalam jajaran miliarder baru versi Forbes. Dari tahun lalu hanya tercatat 4 orang, kini ada 9 orang pendatang baru yang masuk sehingga ada 12 miliarder uang kripto.

Lihat juga:

Investasi Uang Kripto Tembus US$4,5 Miliar per Maret 2021

Para miliarder ini terbagi tiga kategori yakni investor awal, pembangun infrastruktur kripto dan penerbit uang kripto.

Berikut daftar miliarder uang kripto.

Investor Awal

Miliarder yang masuk kategori ini merupakan pemain uang kripto dari awal. Pemain awal ini memang tak sedikit yang menjadi jutawan. Namun, empat orang berikut berhasil menjadi miliarder.

1. Cameron Winklevoss dan Tyler Winklevoss

Kekayaan US$3 miliar masing-masing.
Miliarder baru

Saudara kembar ini merupakan mantan pendayung Olimpiade. Mereka pernah menggugat Facebook dan mendapatkan uang penyelesaian masalah sebesar US$65 juta.

Uang tersebut mereka investasikan dengan membeli bitcoin pada 2012. Mereka pun meluncurkan platform pertukaran uang kripto Gemini dan membeli platform lelang senin digital Nifty Gateway.

Kini masing-masing berhasil mengantongi kekayaan US$3 miliar.

Lihat juga:

Miliarder Eropa Lebih Kaya US$1 Triliun dari Tahun Lalu

2. Michael Saylor

Kekayaan US$2,3 miliar
Miliarder baru

Saylor merupakan CEO MicroStrategy perusahaan software yang sempat merugi. Namun, kekayaan Saylor kini mencapai US$2,3 miliar karena berhasil mengambil alih Bitcoin sebelum uang kripto tersebut booming.

3. Matthew Roszak

Kekayaan US$1,5 miliar
Miliarder baru

Roszak merupakan investor awal bitcoin. Dia pertama kali menemukan bitcoin pada 2011. Kini investasinya telah bernilai US$1,5 miliar. Roszak kini menjadi kepala Blog, perusahaan infrastruktur blockchain dan investor tahap awal untuk startup kripto.

Lihat juga:

Daftar Lengkap 18 Orang Terkaya di Indonesia Versi Forbes

4. Tim Draper

Kekayaan US$1,5 miliar
Miliarder baru

Pemodal ventura asal Silicon Valley ini membeli bitcoin US$18,7 juta pada 2014. Sempat disita oleh pihak berwenang AS dari pasar gelap, kini bitcoin tersebut bernilai US$1,5 miliar.

Pembangun Infrastruktur

Para miliarder dalam kategori ini merupakan orang di balik layar infrastruktur uang kripto. Permintaan perusahaan untuk memfasilitasi transaksi uang virtual membuat mereka menjadi miliarder

5. Sam Bankman-Fried

Kekayaan US$8,7 MILIAR
Miliarder Baru

Bankman-Fried adalah miliarder terkaya crypto. Lulusan MIT berusia 29 tahun itu mendirikan perusahaan perdagangan kuantitatif Alameda Research dan bursa derivatif populer FTX. Dia menjadi berita utama pada 2020 dengan sumbangan US$5 juta untuk super-PAC yang mendukung kampanye kepresidenan Joe Biden.

Lihat juga:

40 Orang Mendadak Kaya Gara-gara Pandemi Covid-19

6. Brian Armstrong

Kekayaan US$6,5 miliar
Tahun lalu US$1 miliar

Kekayaan CEO dan salah satu pendiri Coinbase meningkat lebih dari enam kali lipat selama setahun terakhir di tengah booming investasi crypto. Coinbase telah memantapkan diri sebagai platform pertukaran crypto AS yang populer. Platform ini berhasil meraup pendapatan di atas US$1 miliar sepanjang 2020. Perusahaan ini pun berencana untuk melantai di Wall Street.

7. Fred Ehrsam

Kekayaan US$ 1,9 miliar
Miliarder baru

Ehrsam mendirikan Coinbase dengan Armstrong pada 2012. Dia meninggalkan perusahaan pada 2017 tetapi tetap menjadi anggota dewan, Dia memiliki 6 persen saham dengan nilai US$1,9 miliar. Saat ini, Ehrsam memimpin perusahaan investasi yang berfokus pada crypto, Paradigm.

Lihat juga:

Kekayaan 10 Orang Terkaya di Dunia Capai US$1,15 Triliun

8. Changpeng Zhao

Kekayaan US$1,9 miliar
Kembali ke daftar miliarder setelah 2020 terdepak

Pendiri pertukaran crypto Binance telah kembali ke jajaran miliarder. Lonjakan global dalam investasi cryptocurrency meningkatkan penilaian Binance dan Zhao memiliki sekitar 30 persen saham di perusahaan.

9. Barry Silbert

Kekayaan US$ 1,6 miliar
Miliarder baru

Kekayaan Silbert terikat pada Digital Currency Group (DCG), konglomerat kripto yang ia dirikan pada 2015. DCG membawahi situs berita kripto CoinDesk dan perusahaan manajemen aset Grayscale. Perusahaan ini yang mengendalikan Bitcoin, Ether, dan aset lainnya senilai US$44 miliar.

Lihat juga:

Harta 18 Orang Terkaya di Indonesia Capai Rp1.057 Triliun

Penerbit Koin

Meskipun kekayaan pencipta anonim Bitcoin tidak diketahui, pendiri cryptocurrency lainnya tidak sembunyi-sembunyi, dengan sebagian besar kekayaan mereka dicatat secara publik di blockchain.

10. Chris Larsen

Kekayaan US$$ 3,4 miliar
Tahun lalu: US$ 2,6 miliar

Salah satu pendiri dan ketua Ripple meningkatkan kekayaannya sebesar US$800 juta karena token XRP perusahaannya melonjak nilainya. Dia memegang lebih dari 3 miliar XRP dan 17 persen saham di Ripple Labs.

11. Jed McCaleb
Kekayaan US$2 miliar
Miliarder

McCaleb, salah satu pendiri Ripple lainnya, memperoleh sebagian besar harta dari kepemilikan 3,4 miliar XRP. Dia juga memiliki sekitar 1 miliar Stellar Lumens, cryptocurrency yang dia dirikan pada 2014 setelah berselisih dengan rekan-rekan Ripple-nya.

[Gambas:Video ]

(age/bir)


Next Post

BRI Terima 2 Penghargaan di iNews Maker Awards 2021

Jakarta, Indonesia — Bank Rakyat Indonesia (BRI) terus mencatatkan prestasi di tengah pandemi. Yang terbaru dari ajang iNews Maker Awards 2021 yang digelar pada Rabu (7/4) di Jakarta, di mana Direktur Utama BRI Sunarso dinobatkan sebagai The Best CEO. Apresiasi tersebut diberikan lantaran Sunarso dinilai sebagai pemimpin perusahaan yang menginspirasi […]