Jakarta () – Bulan Ramadhan menjadi salah satu momen spesial yang selalu dinantikan oleh aktris Ririn Ekawati. Namun, sebagai seorang ibu yang bekerja, dia merasa bahwa menyeimbangkan aktivitas pribadi dan waktu bersama keluarga di bulan Ramadhan menjadi tantangan tersendiri.

Ririn kemudian memberikan beberapa tips dan inspirasi kegiatan yang dapat membuat bulan Ramadhan bersama keluarga semakin bermakna, dikutip dari siaran pers, Selasa.

Kenalkan konsep berpuasa pada anak secara bertahap

Sejak putri bungsunya Cattleya menginjak umur empat tahun pada Ramadhan tahun lalu, Ririn rupanya sudah mengenalkan si kecil pada kegiatan puasa.

“Aku mulai dari konsep sederhana, seperti pentingnya kewajiban berpuasa serta bagaimana caranya menahan rasa lapar, haus, dan emosi. Bagaimanapun, aku sadar setiap anak pasti punya tantangan puasa yang berbeda-beda," kata Ririn.

"Cattleya misalnya dia itu bisa menahan rasa lapar, tapi kalau menahan godaan untuk minum susu masih susah, karena memang doyan. Jadi, aku mendorong anak-anak untuk mulai berpuasa secara bertahap agar mereka tidak merasa berat dalam menjalaninya, toh masih dalam proses belajar,” lanjutnya.

Susun rencana makan dan kebutuhan harian puasa bersama seluruh anggota keluarga

Menurut Ririn, membuat daftar kebutuhan puasa dan Lebaran sebaiknya dilakukan sejak awal agar dapat lebih mudah mengatur waktu di tengah kesibukan selama bulan Ramadhan. Ia juga melibatkan anggota keluarga lainnya dalam merencanakan kebutuhan tersebut.

Menyusun meal plan untuk sahur, misalnya, membuat anak-anak semakin semangat ketika melaksanakan sahur. Menjelang berbuka, Ririn pun kerap mengajak sang anak dan suami untuk memilih kudapan hingga santapan berbuka dari restoran favorit keluarga.

Sambung tradisi lama, bangun rutinitas baru

Ririn kerap menjalankan tradisi bersama keluarga, seperti berziarah menjelang Ramadhan tiba, serta menunaikan tarawih di masjid terdekat. Ririn juga memiliki kebiasaan bukber bersama sang adik agar keakraban terus terjaga walau sudah berkeluarga.

Di tengah pandemi pandemi, Ririn juga tetap berupaya untuk meneruskan tradisi-tradisi tersebut meski dengan keterbatasan.

Selain itu, Ririn pun berusaha memperkenalkan makanan khas Ramadhan yang ia sukai sejak kecil kepada suami dan anak.

Sebagai orang yang tumbuh dan besar di tengah keluarga Sulawesi, Ririn kerap menghidangkan kuliner khas, seperti es pisang ijo atau palu butung sebagai variasi takjil saat berbuka. Dia juga kerap membuat buras dan Coto Makassar sebagai hidangan khas menyambut hari raya.

Manfaatkan teknologi dan platform digital agar makin praktis

Teknologi memberikan banyak kemudahan bagi Ririn dan keluarga untuk tetap maksimal menjalani aktivitas berpuasa setiap harinya.

Misalnya,memanfaatkan layanan pesan antar makanan seperti ShopeeFood untuk persiapan sahur dan berbuka puasa, layanan kesehatan online seperti Alodokter dan Natural Farm, berbagai platform hiburan digital untuk ngabuburit, hingga layanan pembayaran digital ShopeePay saat mengunjungi restoran favorit ketika buka bersama.

"Sebagai ibu yang juga aktif bekerja, ShopeePay Big Ramadan Deals sangat memberi kemudahan dan membuat aku jadi lebih hemat di bulan Ramadhan. Aku juga terbantu dengan berbagai fitur ShopeePay, baik untuk transaksi hingga kebutuhan transfer menggunakan fitur Transfer ke Bank yang gratis tanpa batas," pungkas Ririn.

Baca juga: Enam cara maksimalkan ibadah selama Ramadhan

Baca juga: Ibnu Jamil dan Ririn Ekawati adu akting di "Cinta Warung Sebelah"

Baca juga: Ririn Ekawati tunggu giliran vaksin

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © 2022