Tips Agar Tampilan Proyektor Lebih Tajam dan Berwarna

Farah

Berikut sejumlah tips agar tampilan proyektor bisa lebih tajam dan berwarna.

Jakarta, Indonesia —

Terdapat sejumlah alasan seseorang memilih menggunakan proyektor untuk menikmati hiburan ketimbang menggunakan televisi.

Pertama, pengguna bisa bebas mengatur sebesar apa tampilan yang dibutuhkan. Tidak seperti televisi yang besar tampilannya terpaku dengan ukuran layar.

Kedua, pengguna lebih bebas menentukan tempat menonton. Sebab, perangkat proyektor bisa dipasang dimana saja selama ada tembok kosong.




“Proyektor bukan untuk menjadi pengganti televisi,” jelas Zanipar A Siadari, Head of Visual Instrument & Printer Department Epson Indonesia, dalam konferensi pers virtual, Senin (21/12).

“Tapi menjadi opsi saat keluarga ingin memiliki display kedua. Nah, (proyektor sebagai) display kedua, bisa (digunakan) mobile, karena bisa dipindah dengan mudah dipakai sesuai kebutuhan,” lanjutnya.

Dengan proyektor, pengguna bisa memindahkan perangkat ke kamar anak untuk digunakan bermain game atau dipakai didapur saat hendak mengikuti video tutorial memasak, tanpa harus terpaku dengan perangkat televisi.

Meski demikian, kelemahan proyektor ketimbang televisi adalah harganya yang cenderung lebih mahal. Selain itu, tampilan gambar yang dihasilkan pun tak setajam layar televisi.

Meski demikian, ada sejumlah cara yang mesti dipenuhi agar tampilan proyektor bisa lebih tajam dan cerah.

1. Pastikan tembok secara fisik datar dan tegak

Lihat juga:

Cara Buat Bioskop Mini di Rumah

2. Kehalusan permukaan

Permukaan yang digunakan untuk menampilkan proyeksi juga harus halus. Sebab, menurut Zanipar permukaan tembok yang tak rata membuat ketidakteraturan pemantulan cahaya dari proyektor.

“Kalo permukaan tidak rata, ngga optimal karena cahayanya dipantulin kemana,” jelasnya lagi.

3. Layar khusus

Tampilan proyektor juga akan lebih baik jika dipantulkan ke layar khusus. Layar proyektor yang baik menurut Zanipar bisa memantulkan cahaya 100 persen.

Beberapa jenis layar bahkan bisa meningkatkan tampilan proyektor karena bisa memantulkan cahaya 120 persen.

“Kalo pakai layar pakai yang spesifik home cinema, karena punya gain lebih besar.”

Lihat juga:

Epson Luncurkan Proyektor, Dukung Rapat dan Belajar Online

4. Pemilihan warna

Selain itu, warna untuk memproyeksi disarankan putih atau perak.

“Jangan abu-abu atau hitam, karena mengurangi penyerpan cahaya. (Latar) hitam memang cenderung memantulkan warna jadi bagus, tapi menyerap warna putih dan memantulkan hitam, sehingga membuat gambar jadi tampak lebih gelap.”

(eks)

[Gambas:Video ]


Next Post

Ancaman Joshua ke Tyson Fury: Kepala Copot dari Bahu

Jakarta, Indonesia — Anthony Joshua sangat antusias untuk bisa duel lawan Tyson Fury. Ia pun sudah memberi ancaman pada rival dan rekan senegaranya tersebut. Joshua tanpa ragu menyiratkan bahwa ia juga sangat menginginkan duel lawan Tyson Fury, seperti halnya Tyson Fury menginginkan duel unifikasi. “Saya ingin membuat kepalanya lepas dari bahu […]