Jakarta () – Walau sudah malang melintang di dunia hiburan yang serba terkini, aktris Jessica Mila atau yang akrab disapa Mila, mengaku bahwa dirinya memegang teguh prinsip hemat sebagai gaya hidup. Di tengah kariernya yang sedang melejit, Mila justru semakin terdorong untuk tidak boros dan menjaga kondisi keuangannya agar tetap sehat sebagai bekal masa depan.

Kendati demikian, Mila tetap menekankan keseimbangan hidup, di mana ia berhemat namun harus tetap bisa menikmati hidup. Salah satunya adalah kebiasaan yang ternyata sering ia lakukan di momen akhir tahun seperti sekarang ini.

Prinsipnya, akhir tahun merupakan titik untuk merayakan semua kerja keras dan pencapaian yang telah diraih selama satu tahun. Untuk itu, ia selalu menutup tahun dengan memberikan hadiah untuk diri sendiri dan juga seluruh orang terdekat telah mendukungnya selama ini.

 Tapi, untuk melakukan hal tersebut tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena ia punya jurus jitu. Simak kiat dari Jessica Mila, dikutip dari siaran resmi, Kamis.

Hemat ketat boleh, tapi jangan lupa alokasi dana untuk hiburan
Ini salah satu rahasia mengapa Jessica Mila selalu tampil segar dan bahagia. Ia tidak melupakan budget untuk hiburan. Beberapa di Anda mungkin sudah memiliki anggaran untuk kebutuhan primer, seperti kebutuhan rumah tangga, transportasi, makan dan minum, dan sebagainya.

Namun, terkadang kita lupa untuk menyisihkan dana untuk kebutuhan gaya hidup atau hiburan. Anda bisa menyisihkan hingga 30 persen dari total dana bulanan Anda. Apa pun yang membuatmu senang bisa diwujudkan dengan porsi ini, entah itu belanja, jajan atau staycation. Yang penting, gunakan alokasi budget sesuai dengan kondisi keuangan.

Kualitas terbaik dengan harga yang paling terjangkau
Mungkin Anda sudah tahu trik sederhana satu ini, yaitu mencari penawaran harga terbaik tanpa mengurangi kualitas dari produknya. Tidak semua produk berkualitas tinggi itu harus mahal.

Dengan menerapkan metode ini, Anda dapat melihat dan membandingkan nilai serta kualitas dua atau lebih barang dari merek yang berbeda. Cara ini pun akan membantumu untuk mendapatkan produk berkualitas yang sesuai dengan dana yang dialokasikan.

Tenang dan kasih jeda waktu saat berbelanja
Salah satu cara yang dilakukan Mila untuk mencegah sifat impulsif adalah dengan memberikan jeda waktu untuk berpikir. Dengan cara ini, Anda bisa meluangkan waktu untuk berpikir barang mana yang menjadi prioritas untuk kamu beli sesuai dengan kebutuhanmu.

Seringkali, kita malah terjebak dalam sifat impulsif saat membeli barang yang ternyata tidak terlalu dibutuhkan. Jadi, ambil catatanmu dan buat daftar barang belanjaan dari yang paling dibutuhkan.

Mila menambahkan, dia juga sering menunggu promosi tanggal cantik di e-commerce untuk membeli barang-barang yang telah diincarnya agar lebih hemat.

Baca juga: Jessica Mila, Omar Daniel dan Jerome Kurnia bersatu di "Invalidite"

Baca juga: Gaya "Parisian Chic" Laura Basuki hingga Jessica Mila

Baca juga: Contek gaya fesyen Enzy Storia hingga Jessica Mila saat "new normal"

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © 2021