Breaking News in Indonesia

THR dan Gaji ke-13 Pensiunan Dibayar Lewat Taspen-Asabri

Jakarta, Indonesia —

Pembayaran tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 untuk pensiunan, penerima pensiun, dan penerima tunjangan tahun ini akan dilakukan oleh PT Taspen (Persero) atau PT Asabri (Persero).

Kebijakan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 42/PMK.05/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian THR dan Gaji ke-13 Kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Tahun 2021 yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Jumat (30/4), pembayaran THR dan gaji ke-13 dibebankan pada daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) satuan kerja berkenaan.

“THR dan gaji ke-13 bagi pensiunan, penerima pensiun, dan penerima tunjangan dibayarkan oleh Taspen atau Asabri sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” seperti yang tertulis dalam Pasal 21 Ayat 1 PMK Nomor 42/PMK.05/2021, dikutip Jumat (30/4).

Taspen atau Asabri nantinya akan menyampaikan tagihan pembayaran THR bagi pensiunan dan penerima tunjangan kepada kuasa pengguna anggaran. Hal itu dilakukan paling cepat 13 hari sebelum Lebaran.

“Pertanggungjawaban pembayaran THR dan gaji ke-13 bagi pensiunan, penerima pensiun, dan penerima tunjangan yang dibuat terpisah dengan pertanggungjawaban pembayaran pensiun bulanan,” tulis Pasal 21 Ayat 3.

Sementara, komponen pembayaran THR dan gaji ke-13 bagi pensiunan dan penerima pensiunan terdiri pensiun pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan dalam bentuk uang, tambahan penghasilan.

Lalu, THR dan gaji ke-13 bagi penerima tunjangan sebesar tunjangan yang diterima oleh penerima sesuai dengan aturan perundang-undangan.

Lihat juga:

Rincian Komponen THR dan Gaji ke-13 untuk Pensiunan

Tunjangan yang dimaksud adalah tunjangan yang diberikan kepada penerima tunjangan sebagai penghargaan dan/atau penghormatan dari negara.

Tunjangan itu terdiri dari tunjangan veteran, tunjangan kehormatan anggota komite nasional Indonesia pusat, tunjangan penghargaan perintis pergerakan kebangsaan, tunjangan janda/duda.

Lalu, tunjangan bekas tentara koninklijk nederland indonesisch leger, tunjangan bersifat pensiun, tunjangan pokok, tunjangan tambahan penghasilan atau gaji terusan, serta tunjangan tambahan penghasilan atau pensiun terusan.

[Gambas:Video ]

(aud/bir)

Tulisan ini merupakan bagian dari kumpulan artikel dalam Fokus: “Menanti THR Cair”