Breaking News in Indonesia

Tesla Disebut Berencana Merakit Mobil Listrik di India

Kabar terkini soal Tesla ingin mendirikan pabrik di India datang dari pernyataan kepala menteri negara bagian Karnakata.

Jakarta, Indonesia —

Tesla dikabarkan bakal mendirikan perakitan mobil listrik di Karnataka, India. Hal ini diungkap Kepala Menteri negara bagian Karnakata BS Yediyurappa saat berbicara keuntungan Karnakata dalam pernyataan finansial tahunan Union Budget.

“Perusahaan AS Tesla akan membuka perakitan mobil listrik di Karnataka,” kata Yediyurappa seperti diberitakan Reuters pada Sabtu (13/2).

Menurut ndtv.com, Tesla sudah masuk ke India dengan mendaftarkan diri sebagai perusahaan di Bengaluru pada Januari. Unit penelitian dan pengembangan sedang disiapkan berdiri di kota itu.




Bulan lalu CEO Tesla Elon Musk, orang terkaya di dunia, bercuit ‘seperti dijanjikan’ untuk merespons laporan bahwa Tesla sedang dalam pembicaraan dengan pemerintah India untuk membuka kantor, dealer, pusat R&D, dan kemungkinan pabrik perakitan.

Pada bulan lalu pula perusahaan bernama Tesla Motors India dan Energy Private Limited didaftarkan di Bangalore, Karnataka.

Lihat juga:

Ridwan Kamil Umumkan Mobil Listrik Patroli Polisi Pertama

Yediyurappa juga pernah mengatakan melalui Twitter bahwa Tesla akan memulai operasi di India dengan R&D di Bangalore. Namun cuitan itu kemudian dihapus.

Tesla dan administrasi Karnakata dikatakan belum merespons Reuters untuk menanggapi informasi ini.

Selain Indonesia, Tesla kemungkinan juga bakal menanamkan investasi di Indonesia, produsen nikel terbesar di dunia. Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Septian Hario Seto mengatakan pada 5 Februari pihaknya sudah menerima proposal investasi Tesla.

Proposal itu sedang dipelajari sebelum digelar pertemuan untuk penjelasan secara resmi dan langsung.

“Kalau kami lihat memang proposal yang mereka berikan agak beda dengan CATL dan LG Chem, karena kalau kami lihat sepintas memang base teknologi mereka agak beda. Ini kenapa sebenarnya dari kami excited kerja sama dengan Tesla,” kata Septian.

Seto mengatakan belum bisa mengurai detail rencana investasi Tesla berdasarkan proposal lantaran disebut masih tahap penjajakan.

(fea)

[Gambas:Video ]